Reception analysis mengenai stereotipe masyarakat timur dalam isi konten “Barat lebih dari Timur” pada channel youtube SkinnyIndonesian24

Dairo, William Brian (2022) Reception analysis mengenai stereotipe masyarakat timur dalam isi konten “Barat lebih dari Timur” pada channel youtube SkinnyIndonesian24. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Katolik University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
william_ABSTRAK.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
william_BAB 1.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
william_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
william_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
william_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
william_BAB 5.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
william_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana stereotipe khalayak terhadap masyarakat Papua dalam isi konten Barat lebih dari Timur pada channel YouTube SkinnyIndonesian24. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam serta menggunakan metode analisis resepsi berdasarkan pandangan yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Berdasarkan metode analisis resepsi, nantinya peneliti akan membagikan pandangan informan kedalam tiga posisi yaitu posisi dominan yang berarti informan setuju dengan pesan yang di-encoding oleh media, posisi negosiasi yaitu informan menerima sebagain pesan yang diterpakan oleh media, dan posisi oposisi yang berarti informan menolak pesan-pesan yang diterpakan oleh media. Dalam menetapkan kriteria subjek, penelitian ini menetapkan dua kriteia yaitu masyarakat yang berasal dari Indonesia bagian Barat dan masyarakat yang berasal dari Indonesia bagian Timur serta menyukai konten “Barat lebih dari Timur” pada channel YouTube milik SkinnyIndonesian24. Penelitian ini membahas tentang pemaknaan informan terhadap pesan dari konten YouTube “Barat lebih dari Timur” yang didasari oleh frame of refence and field of experience dari masing-masing informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada sub bab rasisme terhadap masyarakat Papua dua dari empat informan berada pada posisi dominan, satu informan berada pada posisi oposisi, dan satu lainnya berada pada posisi negosiasi. Pada sub bab stereotipe masyarakat Timur itu “keras, kasar dan pemabuk” menunjukan bahwa tiga informant berada pada posisi negosiasi dan satu informan berada pada posisi oposisi. Pada sub bab terakhir tentang media atau entertaiment yang lebih condong menampilkan kebudayaan Indonesia bagian Barat terdapat tiga informan menempatkan diri pada posisi dominan dan satu informan lainnya menempatkan diri sebagai posisi negosiasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purnama, Finsensius Yuli
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Resepsi analisis, stereotipe, rasisme
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 12208 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:42
Last Modified: 01 Feb 2023 02:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33667

Actions (login required)

View Item View Item