Analisis dan perancangan prosedur operasional standar pada siklus persediaan barang dagang di UD Cahaya Kraksaan-Probolinggo

Prasasti, Yolanda Eka (2023) Analisis dan perancangan prosedur operasional standar pada siklus persediaan barang dagang di UD Cahaya Kraksaan-Probolinggo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)

Abstract

UD Cahaya merupakan usaha dagang yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari sejak 1980 dan berlokasi di Kraksaan-Probolinggo, Jawa Timur. UD Cahaya melayani pembelian grosir maupun ecer sehingga mempunyai 2 tempat menyimpan persediaan. Tempat persediaan untuk penjualan grosir berada di gudang sedangkan persediaan untuk penjualan ecer berada di etalase. Dalam siklus persediaannya, UD Cahaya mengalami masalah dalam mengontrol jumlah dan jenis persediaan yang masuk maupun keluar dari gudang. Penelitian ini bertujuan merekomendasikan solusi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi langsung terhadap kegiatan operasional yang berkaitan dengan persediaan dan melakukan wawancara menggunakan alat perekam beserta kamera. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan konsep sistem, siklus persedian, teknik dokumentasi, pengendalian internal, aktivitas pengendalian, dan Prosedur Operasional Standar sebagai dasar teori. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa UD Cahaya perlu melakukan perbaikan pada format dokumen-dokumen yang terkait, menambahkan prosedur stock opname, dan melaksanakan prosedur tersebut secara berkala agar dapat memaksimalkan aktivitas pengendalian terhadap persediaan yang ada. Format dokumen yang perlu diperbaiki ada 5 dokumen yaitu surat jalan untuk pembeli, bukti pengeluaran barang, pemesanan barang, daftar hasil perhitungan fisik, dan nota penjualan. Perbaikan terhadap format dokumen akan menunjang aktivitas pengendalian pada siklus persediaan dalam UD Cahaya agar lebih terkontrol sehingga meminimalisir adanya selisih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Tambunan, Tigor Benjamin
NIDN0720027201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Siklus persediaan, prosedur operasional standar, perusahaan dagang
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12189 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:18
Last Modified: 08 Mar 2023 07:18
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33560

Actions (login required)

View Item View Item