Uji efektivitas analgesik patch ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata L.) dengan enhancer tween-80 terhadap jumlah geliat dan makrofag pada mencit

Ulfa, Maria (2022) Uji efektivitas analgesik patch ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata L.) dengan enhancer tween-80 terhadap jumlah geliat dan makrofag pada mencit. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (653kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy

Abstract

Daun sirsak (Annona muricata L.) merupakan tanaman yang dapat berfungsi sebagai analgesik karena mengandung flavonoid. Sediaan yang dibuat berupa patch dengan menggunakan polimer HPMC dan Tween-80 sebagai peningkat penetrasi dalam lapisan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sediaan patch ekstrak etanol daun sirsak dapat menurunkan jumlah geliat dan jumlah makrofag terhadap mencit yang telah diinduksi dengan asam asetat. Pada penelitian ini dibagi menjadi empat kelompok perlakuan yang terdiri dari kelompok kontrol positif (parasetamol oral), kontrol negatif (patch kosong), formula 1 (patch tanpa enhancer) dan formula 2 (patch dengan enhancer). Pada penelitian ini setelah mencit diberi asam asetat 1% sebanyak 0,1 ml secara intraperitoneal, kemudian dilakukan pengamatan terhadap jumlah geliat setiap 15 menit selama 3 jam, setelah itu dilakukan pengamatan makrofag dengan cara mengambil cairan peritoneal mencit. Pada hasil jumlah geliat untuk kelompok kontrol positif onset kerja obat lebih cepat dalam menurunkan geliat yaitu 75 menit, dibandingkan dengan formula 1 tanpa enhancer 180menit, formula 2 dengan enhancer 135 menit, dan kontrol negatif memiliki menit tertinggi dibandingkan dengan kelompok perlakuan yang lain yaitu pada menit 180 menit masih memiliki geliat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sediaan patch ekstrak etanol daun sirsak (Annona muricata L.) dapat menurunkan jumlah geliat dan jumlah makrofag pada mencit yang telah diinduksi asam asetat. Penggunaan enhancer Tween-80 dapat meningkatkan penetrasi obat di dalam kulit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hamid, Iwan Syahrial
NIDN0013076801
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Widodo, Teguh
NIDN0703096403
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Annona muricata L., patch, geliat, makrofag, tween-80.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 12198 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2023 08:15
Last Modified: 20 Jan 2023 08:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33527

Actions (login required)

View Item View Item