Studi kasus kemampuan bercerita melalui kegiatan mewarnai anak kelompok a di TKK Indriasana IV Surabaya

Willianti, Bernadette Adinda Adel Dwi (2022) Studi kasus kemampuan bercerita melalui kegiatan mewarnai anak kelompok a di TKK Indriasana IV Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI_Bernadette Adinda Adel Dwi Willianti_1613017007.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_Bernadette Adinda Adel.Dwi Willianti_1613017007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bercerita melalui kegiatan mewarnai anak kelompok A di TKK Indriasana IV Surabaya. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TKK Indriasana IV yang berjumlah 7 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang akan diterapkan pada penelitian di TKK Indriasana IV adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Melalui penelitian kualitatif peneliti terlibat secara langsung bersama partisipan, peneliti melihat anak secara langsung dalam sehari-sehari anak di sekolah. Dalam proses penelitian ini metode yang mengkaji suatu fenomena sosial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan mewarnai dapat memberikan informasi-informasi baru kepada anak untuk membantu mengembangkan berbagai potensi dan mengembangkan kemampuan dalam menangkap informasi, sehingga dengan kegiatan mewarnai ini anak dapat memberikan informasi baru kepada orang lain menggunakan bahasa anak tersebut. Dalam hal ini guru dapat menggunakan kegiatan mewarnai sebagai langkah awal dalam membantu proses pembelajaran anak. Melalui mewarnai anak dapat berstimulasi dengan optimal menggunakan bahasa anak sendiri. Dari sinilah perkembangan anak dapat dilihat secara nyata dan berbeda-beda pada setiap individunya. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dengan kegiatan mewarnai, anak mampu meningkatkan kemampuannya dalam mengungkapkan bahasa dan bercerita. Hal ini dilakukan dengan memberikan informasi-informasi baru kepada anak dalam membantu mengembangkan berbagai pengetahuan dan kemampuan menangkap informasi, serta anak dapat memahami dan menyampaikan informasi baru tersebut kepada orang lain menggunakan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Anggraini, Kristin
NIDN0707097903
kristinanggraini@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kegiatan mewarnai, kemampuan bercerita, anak kelompok A.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Users 11991 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:47
Last Modified: 19 Jan 2023 04:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33504

Actions (login required)

View Item View Item