Pengaruh kepemilikan institusional dan financial slack terhadap corporate environmental disclosure

Huang, Angie (2023) Pengaruh kepemilikan institusional dan financial slack terhadap corporate environmental disclosure. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Pengungkapan informasi mengenai tanggungjawab lingkungan dalam instrument pelaporan keuangan disebut dengan Corporate environmental disclosure. Pengungkapan tersebut bisa mencakup tentang lingkungan hidup dan juga tentang energi serta kesehatan dan keselamatan kerja. Hingga saat ini, pengungkapan lingkungan masih bersifat opsional sehingga apabila terjadi kerusakan lingkungan, akan timbul saling alih tanggung jawab antara beberapa pihak seperti pemerintah, perusahaan, dan masyarakat. Pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan cenderung berpihak kepada kepentingan perusahaan serta tidak cermat dalam melaporkan kinerja perusahaannya. Penelitian sebelumnya telah membahas pengaruh kepemilikan institusional dan financial slack terhadap environmental disclosure pada perusahaan di beberapa sektor. Hasil yang ditemukan juga pada setiap sektor cenderung berbeda, terdapat beberapa proksi tata kelola perusahaan (good corporate governance) yang berdampak kecil pada pengungkapan lingkungan (environmental disclosure). Atas dasar tersebut, fokus penelitian ini adalah pada dampak kepemilikan institusional, serta financial slack terhadap corporate environmental disclosure pada perusahaan manufaktur. Dalam penelitian atau riset ini digunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang melibatkan pengujian hipotesis berdasarkan jenis data dan mendeskripsikan parameter yang digunakan. Pengaruh kepemilikan institusional dan financial slack terhadap pengungkapan lingkungan (environmental disclosure) di Indonesia akan diketahui dengan pengujian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisis Ordinary Least Squares (OLS) digunakan dengan tipe data cross section untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2019. Merujuk pada hasil estimasi, variabel independen dalam penelitian ini yaitu kepemilikan institusional dan financial slack tidak berpengaruh signifikan terhadap corporate environmental disclosure pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yudhanti, Ceicilia Bintang Hari
NIDN0710117201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan lingkungan, perusahaan, manufaktur, kepemilikan institusional, financial slack, OLS.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 12161 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:20
Last Modified: 08 Mar 2023 07:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33437

Actions (login required)

View Item View Item