Pengaruh komite audit, dewan komisaris independen, dan gender diversity terhadap financial distress

Wibianto, Bobby (2023) Pengaruh komite audit, dewan komisaris independen, dan gender diversity terhadap financial distress. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Financial distress adalah turunnya keadaan keuangan perusahaan yang dapat berujung pada kebangkrutan. Financial distress dapat terjadi karena beberapa faktor dari dalam perusahaan, beberapa faktor di antaranya yaitu pengelolaan perusahaan dan penerapan Good Corporate Governance (GCG). GCG atau tata kelola korporat adalah sistem tata kelola yang mengatur hubungan dari berbagai pemegang kepentingan guna mencapai tujuan perusahaan dengan baik. Penerapan corporate governance yang buruk akan menyebabkan turunnya kinerja perusahaan dan berakibat pada terjadinya financial distress, sehingga dibutuhkan penerapan corporate governance yang baik dalam perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh corporate governance berupa komite audit dan dewan komisaris independen serta gender diversity terhadap financial distress dengan ukuran perusahaan dan profitabilitas sebagai variabel kontrol. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2019-2021. Pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditetapkan dan mendapatkan 61 sampel yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi logistik yang dibantu dengan software SPSS versi 23 untuk mengolah data yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa variabel komite audit, dewan komisaris independen, dan gender diversity tidak berpengaruh terhadap financial distress. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya variabel independen tersebut, tidak berpengaruh dalam mengatasi terjadinya financial distress dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dwijayanti, Patricia Febrina
NIDN0711028601
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komite audit, dewan komisaris independen, gender diversity, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan financial distress
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 11702 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:15
Last Modified: 08 Mar 2023 07:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33371

Actions (login required)

View Item View Item