Pengaruh informasi laba terhadap reaksi pasar dengan manajemen laba sebagai variabel moderasi

Saputra, I Gede Wahyu (2023) Pengaruh informasi laba terhadap reaksi pasar dengan manajemen laba sebagai variabel moderasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FIX.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
I GEDE_BAB 5REV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Reaksi pasar diartikan sebagai respon pasar terhadap suatu informasi yang masuk ke dalam pasar. Reaksi pasar ditunjukkan dengan adanya perubahan harga dari sekuritas yang bersangkutan. Reaksi pasar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu informasi laba dan manajemen laba. Informasi laba menjadi salah satu komponen laporan keuangan yang menjadi alat bantu investor dalam menilai kinerja perusahaan dan memilih keputusan investasi. informasi laba yang disajikan perusahaan harus informasi laba asimetri yang menggambarkan kondisi perusahaan sesungguhnya. Akan tetapi dalam praktiknya sering kali manajer perusahaan melakukan tindakan manajemen laba untuk keperluan menaikan entitas perusahaan dan kepentingan pribadi. Atas hal tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah informasi laba berpengaruh signifikan atau positif terhadap reaksi pasar dan apakah manajemen laba memperkuat atau memperlemah pengaruh informasi laba terhadap reaksi pasar. Populasi pada penelitian ini meliputi seluruh perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 – 2021. Sampel penelitian berjumlah 190 sampel yang bersumber dari laporan tahunan perusahaan property dan real estate secara 5 tahun berturut-turut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model uji regresi liner berganda dan menggunakan alat bantu software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel independent yaitu informasi laba berpengaruh signifikan terhadap reaksi pasar sebagai variabel dependen. Sedangkan Manajemen laba sebagai variabel moderasi berpengaruh signifikan sehingga memperkuat pengaruh antara informasi laba terhadap reaksi pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rahayu, Mudjilah
NIDN0718085905
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Informasi laba, reaksi pasar, manajemen laba
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 11994 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:19
Last Modified: 08 Mar 2023 07:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33360

Actions (login required)

View Item View Item