Hubungan tingkat pengetahuan dan keikutsertaan vaksinasi untuk pencegahan penularan Covid 19 pada siswa SMA PGRI 1 Jombang

Sutejo, Yeremia Bagus (2023) Hubungan tingkat pengetahuan dan keikutsertaan vaksinasi untuk pencegahan penularan Covid 19 pada siswa SMA PGRI 1 Jombang. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Text (ABSTRAK).pdf

Download (702kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Text (BAB 1).pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Text (BAB 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Text (BAB 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Text (BAB 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Text (BAB 5).pdf

Download (277kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Text (LAMPIRAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi. Banyaknya penduduk di Indonesia mempercepat penularan virus COVID-19, sehingga diperlukan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya pencegahan yang dilakukan pemerintah. Namun masih banyak masyarakat yang belum menerima ataupun melakukan vaksinasi COVID-19. Banyaknya masyarakat yang belum menerima vaksin COVID-19 dikarenakan kurangnya pengetahuan yang baik pada masyarakat Indonesia terhadap bahaya COVID-19 dan manfaat dari vaksinasi COVID-19. Sehingga peneliti ingin mengukur pengetahuan yang ada pada siswa SMA PGRI 1 Jombang serta melihat korelasi antara pengetahuan dan keikutsertaan vaksinasi booster ke-4 dan peneliti juga ingin membagikan edukasi tentang bahaya dari COVID-19 dan manfaat vaksinasi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur hubungan tingkat pengetahuan dan keikutsertaan vaksinasi untuk pencegahan penularan COVID-19 pada siswa SMA PGRI 1 Jombang dan melihat korelasi antara pengetahuan dan keikutsertaan vaksinasi booster ke-4. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study yang faktor resiko dan dampaknya dapat diketahui pada waktu yang sama. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 96 responden, analisis statistik yang digunakan adalah menggunakan uji Paired Sampel T-Test dan uji Spearman. Berdasarkan hasil uji Paired Sampel T-Test didapatkan nilai signifikansi 0,00<0,05 yang berarti bahwa adanya perbedaan yang signifikan dari hasil pre-test dan post-test dengan menunjukkan nilai yang semakin baik serta pada uji Spearman didapatkan nilai koefisien korelasi 0,560 yang menunjukkan adanya korelasi sedang antara pengetahuan dan keikutsertaan vaksinasi booster ke-4 dan nilai signifikansi 0,000 yang berarti adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan keikutsertaan vaksinasi booster ke-4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiadi, Diga Albrian
NIDN0710069005
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Wijaya, Hendy
NIDN0730078304
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Vaksinasi covid-19, tingkat pengetahuan, vaksin booster 4, SMA PGRI 1 Jombang
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11816 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:33
Last Modified: 17 Jan 2023 06:33
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33321

Actions (login required)

View Item View Item