Budianto, Maria Natalia (2009) Motivasi belajar dan sikap terhadap pendidikan formal pada atlet bulutangkis PB WIMA Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (2MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan formal merupakan jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Pendidikan formal merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang dalam hidupnya, tak terkecuali dengan atlet bulutangkis. Namun pada kenyataannya, atlet-atlet ini memiliki sikap seakan tidak terlalu menganggap penting terhadap peran pendidikan formal bagi kehidupan mereka. Selain itu, jadwal latihan atlet yang begitu padat membuat atlet dalam kondisi tidak memungkinkan untuk mendapatkan dan mengikuti kegiatan pendidikan formal secara intensif, sehingga atlet-atlet bulutangkis ini hanya masuk sekolah pada saat akan menghadapi ujian semester dan ujian nasional. Hal tersebut dapat menimbulkan dampak negatif, yaitu motivasi belajar atlet pada pendidikan formal tidak setinggi motivasi mereka dalam mengejar prestasi pada bulutangkis. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara sikap terhadap pendidikan formal dengan motivasi belajar pada atlet bulutangkis. Penelitian ini dilakukan pada atlet bulutangkis PB WIMA Surabaya (N=30), yang masih duduk di bangku SMA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total population study, dengan metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar dan skala sikap terhadap pendidikan formal. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi Pearson Product Moment, yang dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows versi 13.0. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai r = 0,546 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 (p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sikap terhadap pendidikan formal dengan motivasi belajar pada atlet, yaitu semakin positif sikap atlet terhadap pendidikan formal maka semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki atlet bulutangkis. Selain itu, sumbangan efektif yang dihasilkan oleh variabel sikap terhadap variabel motivasi belajar sebesar 29,8 %. Pelatih disarankan agar dapat lebih memberikan wawasan tentang pentingnya pendidikan formal dan motivasi pada atlet dalam hal belajar tidak hanya motivasi untuk berprestasi dalam bulutangkis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, sikap terhadap pendidikan formal, atlet bulutangkis. |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 33 not found. |
Date Deposited: | 13 Oct 2015 03:59 |
Last Modified: | 13 Oct 2015 03:59 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3330 |
Actions (login required)
View Item |