Kan, Raflesia Eka Putri (2022) Pengaruh brand extension terhadap intention to buy (Studi kasus pada produk Apple). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (786kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (371kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5_.pdf Download (419kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Brand Extension terhadap 4 faktor Intention to Buy pada produk Apple di Kota Surabaya. Keberhasilan Apple dalam menerapkan strategi brand extension yang menjadikan Apple sebagai penguasa hampir seluruh pangsa pasar vendor gadget di dunia merupakan dasar pengambilan judul tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan sebesar 147 responden yaitu pengguna gadget yang telah menggunakan atau berkeinginan melakukan pembelian produk Apple di Surabaya. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan faktor reputation, consumer perception fit, perceived risk dan consumer innovativeness dari Brand Extension terhadap Intention to Buy. Brand Extension memiliki pengaruh terhadap Intention to Buy sebesar 70,3% dan sisanya sebesar 29.7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Saran dari peneliti untuk brand Apple yaitu terus menjaga kualitas produk perluasan agar reputasi merek yang sudah dimiliki Apple tetap baik dimata konsumen, memastikan produk perluasan memiliki tingkat kesamaan dengan parent brand, selalu menyediakan informasi yang cukup mengenai produk, menentukan harga produk yang sesuai dengan kualitas produk sehingga membantu mengurangi risiko atas ketidakyakinan konsumen, dan lebih sering melakukan edukasi pada konsumen tentang inovasi yang dilakukan dan apa yang akan didapatkan oleh konsumen. Dengan pendekatan ini, diharapkan sikap konsumen pada brand extension dapat meningkat dan dapat menstimulus intensi membeli konsumen untuk produk Apple.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Manajemen |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Budiarsi, Sri Yunan NIDN0001065703 yunan@ukwms.ac.id Thesis advisor Muljani, Ninuk NIDN0717095906 ninuk@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Brand extension, intention to buy, Apple. |
Subjects: | Business Business > Management |
Divisions: | Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Users 11974 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 01:01 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 01:01 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33286 |
Actions (login required)
View Item |