Pengaruh brand extension terhadap intention to buy (Studi kasus pada produk Apple)

Kan, Raflesia Eka Putri (2022) Pengaruh brand extension terhadap intention to buy (Studi kasus pada produk Apple). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5_.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Brand Extension terhadap 4 faktor Intention to Buy pada produk Apple di Kota Surabaya. Keberhasilan Apple dalam menerapkan strategi brand extension yang menjadikan Apple sebagai penguasa hampir seluruh pangsa pasar vendor gadget di dunia merupakan dasar pengambilan judul tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan sebesar 147 responden yaitu pengguna gadget yang telah menggunakan atau berkeinginan melakukan pembelian produk Apple di Surabaya. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan faktor reputation, consumer perception fit, perceived risk dan consumer innovativeness dari Brand Extension terhadap Intention to Buy. Brand Extension memiliki pengaruh terhadap Intention to Buy sebesar 70,3% dan sisanya sebesar 29.7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Saran dari peneliti untuk brand Apple yaitu terus menjaga kualitas produk perluasan agar reputasi merek yang sudah dimiliki Apple tetap baik dimata konsumen, memastikan produk perluasan memiliki tingkat kesamaan dengan parent brand, selalu menyediakan informasi yang cukup mengenai produk, menentukan harga produk yang sesuai dengan kualitas produk sehingga membantu mengurangi risiko atas ketidakyakinan konsumen, dan lebih sering melakukan edukasi pada konsumen tentang inovasi yang dilakukan dan apa yang akan didapatkan oleh konsumen. Dengan pendekatan ini, diharapkan sikap konsumen pada brand extension dapat meningkat dan dapat menstimulus intensi membeli konsumen untuk produk Apple.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Budiarsi, Sri Yunan
NIDN0001065703
yunan@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Muljani, Ninuk
NIDN0717095906
ninuk@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Brand extension, intention to buy, Apple.
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 11974 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:01
Last Modified: 19 Jan 2023 01:01
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33286

Actions (login required)

View Item View Item