Perancangan prosedur operasional standar (POS) atas siklus penjualan kredit untuk meningkatkan pengendalian internal pada CV Berdikari Jaya Gresik

Joysefine, Frederica Elizabeth (2022) Perancangan prosedur operasional standar (POS) atas siklus penjualan kredit untuk meningkatkan pengendalian internal pada CV Berdikari Jaya Gresik. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)

Abstract

Objek penelitian ini adalah CV Berdikari Jaya di gresik, dimana merupakan perusahaan ini bergerak dalam bidang penjualan grosir produk-produk elektronik. Saat ini CV Berdikari Jaya belum memiliki Prosedur Operasional Standar (POS) pada semua aktivitas termasuk siklus penjualan kredit. Permasalahan-permasalahan yang terjadi di CV Berdikari Jaya adalah otorisasi kredit yang belum memadai dikarenakan otorisasi kredit dilakukan oleh bagian penjualan maka diperlukan perubahan terhadap otorisasi kredit oleh pihak yang lebih berwenang yaitu manajer keuangan. Dokumen yang dimiliki CV Berdikari Jaya sudah memadai tetapi ada beberapa dokumen yang masih perlu perbaikan dan perlu adanya dokumen baru untuk mendukung siklus penjualan kredit antara lain sales order, surat jalan, invoice, kartu stock barang, dan rekap pelunasan transfer. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Prosedur Operasional Standar (POS) untuk meningkatkan pengendalian internal dan memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di CV Berdikari Jaya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari perusahaan antara lain proses bisnis, struktur organisasi yang belum dibakukan, dan dokumen-dokumen yang digunakan pada aktivitas perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mengumpulkan data-data melalui wawancara dengan pihak internal perusahaan, observasi dan dokumentasi secara langsung ke perusahaan. Analisis data yang akan dilakukan adalah mengumpulkan informasi, menganalisis masalah, dokumen, dan aktivitas pengendalian. Hasil Penelitian ini adalah perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) yang digunakan sebagai pedoman dalam aktivitas perusahaan sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi serta memperbaiki kinerja perusahaan untuk meningkatkan pengendalian internal menjadi lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dwijayanti, S, Patricia Febrina
NIDN0711028601
patricia@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Prosedur operasional standar (POS), siklus penjualan kredit, pengendalian internal.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 11940 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2023 05:45
Last Modified: 08 Mar 2023 07:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33115

Actions (login required)

View Item View Item