Perancangan prosedur operasional standar terhadap persediaan barang dagang pada CV Jesselyne Surabaya untuk meningkatkan pengendalian internal

Natasha, Cindy (2023) Perancangan prosedur operasional standar terhadap persediaan barang dagang pada CV Jesselyne Surabaya untuk meningkatkan pengendalian internal. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (816kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)

Abstract

CV Jesselyne merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi serta distributor produk bantal dan guling. CV Jesselyne dalam menjalankan kegiatan operasionalnya terkait siklus persediaan belum memiliki Prosedur Operasional Standar (POS). Hal ini mengakibatkan munculnya beberapa permasalahan yang terjadi di perusahaan ini, antara lain pengendalian internal perusahaan dalam pencatatan persediaan masih kurang baik sehingga terjadi ketidaksesuaian antara stok yang ada digudang dengan stok yang ada dicatatan sebesar 5-10%. Kemudian, proses stock opname perusahaan dilakukan hanya satu tahun sekali sehingga ketika adanya barang yang hilang atau dicuri maka akan diketahui setelah satu tahun kemudian. Permasalahan yang terakhir adalah beberapa dokumen masih belum dimiliki oleh perusahaan seperti dokumen permintaan pembelian bahan baku, laporan penerimaan dan pengeluaran barang. Selain itu, masih terdapat dokumen yang masih kurang memadai dan tidak berformat yaitu surat jalan dan dokumen hasil produksi. Dengan adanya permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan perancangan prosedur operasional standar terkait siklus persediaan di perusahaan serta meningkatkan pengendalian internal. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan informasi, menganalisis masalah, dokumen, aktivitas pengendalian dan kebutuhan POS. Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah perancangan POS yang dapat digunakan oleh perusahaan sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan operasionalnya terkait siklus persediaan agar berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dwijayanti, S, Patricia Febrina
NIDN0711028601
patricia@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Siklus persediaan, pengendalian internal, prosedur operasional standar (POS).
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 11938 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:28
Last Modified: 08 Mar 2023 07:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33114

Actions (login required)

View Item View Item