Efektivitas gel sekretom sel punca mesenkimal terhadap jumlah limfosit dan makrofag pada penyembuhan luka eksisi tikus putih jantan

Sadha, Clarisa Angeline (2022) Efektivitas gel sekretom sel punca mesenkimal terhadap jumlah limfosit dan makrofag pada penyembuhan luka eksisi tikus putih jantan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Cathlolic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Luka eksisi merupakan salah satu jenis luka yang disebabkan goresan benda tajam sehingga mengakibatkan terpotongnya jaringan. Pengobatan luka yang saat ini dikembangkan yaitu dengan menggunakan mesenchymal stem cells secretome. Sekretom sel punca mesenkimal dapat mempercepat proses penyembuhan luka dengan merangsang angiogenesis dan mengurangi peradangan luka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian gel sekretom sel punca mesenkimal terhadap jumlah sel limfosit dan makrofag pada tikus putih jantan. Penelitian ini menggunakan tikus jantan putih galur Wistar yang terbagi menjadi 3 kelompok yang diamati pada hari ke-3, hari ke-7, hari ke-10, dan hari ke-14 terdiri dari kelompok kontrol negatif dengan pemberian basis gel, kelompok kontrol positif dengan pemberian gel Bioplacenton, dan kelompok perlakuan dengan pemberian gel sekretom sel punca mesenkimal. Pembuatan luka eksisi pada tikus putih jantan dilakukan dengan memberikan penekanan pada punch biopsy 0,5 mm. Pemberian gel pada masing-masing kelompok tikus sebanyak 100 mg pada pagi hari dan sore hari. Pengamatan jumlah sel limfosit dan makrofag secara mikroskopis kemudian dianalisis menggunakan oneway ANOVA yang dilanjutkan dengan uji perbandingan berganda (Post Hoc Test) yaitu uji Tuckey. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan bermakna (p≤0,05) antara kontrol negatif dengan kontrol positif dan kelompok perlakuan, tetapi kontrol positif dengan kelompok perlakuan tidak berbeda bermakna. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemberian gel sekretom sel punca mesenkimal pada luka eksisi tikus putih jantan efektif terhadap penurunan jumlah sel limfosit dan makrofag.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hendriati, Lucia
NIDN0707107102
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Kuncorojakti, Suryo
NIDN0001078502
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sekretom sel punca mesenkimal, gel, luka eksisi, limfosit, makrofag
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11706 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:31
Last Modified: 19 Jan 2023 03:31
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/33104

Actions (login required)

View Item View Item