Kesadaran caregiver tentang risiko jatuh pada lansia (Caregiver Awareness about the Risk of Falling in the Elderly)

Prabasari, Ninda Ayu and Manungkalit, Maria (2020) Kesadaran caregiver tentang risiko jatuh pada lansia (Caregiver Awareness about the Risk of Falling in the Elderly). Kesadaran caregiver tentang risiko jatuh pada lansia (Caregiver Awareness about the Risk of Falling in the Elderly), 8 (2). pp. 147-163. ISSN 2338-624X

[thumbnail of Kesadaran caregiver tentang risiko jatuh pada lansia (Caregiver Awareness about the Risk of Falling in the Elderly)] Text (Kesadaran caregiver tentang risiko jatuh pada lansia (Caregiver Awareness about the Risk of Falling in the Elderly))
13-Kesadaran_caregiver_tentang_.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Kesadaran caregiver tentang risiko jatuh pada lansia (Caregiver Awareness about the Risk of Falling in the Elderly)_peer_review_] Text (Kesadaran caregiver tentang risiko jatuh pada lansia (Caregiver Awareness about the Risk of Falling in the Elderly)_peer_review_)
13-R1&2-Kesadaran_caregiver_tentang_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Kesadaran caregiver tentang risiko jatuh pada lansia (Caregiver Awareness about the Risk of Falling in the Elderly)] Text (Kesadaran caregiver tentang risiko jatuh pada lansia (Caregiver Awareness about the Risk of Falling in the Elderly))
13-Kesadaran_caregiver_tentang_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendahuluan: Pada proses penuaan lansia mengalami kehilangan kemampuan motorik dalam bergerak. Dengan adanya perubahan ini maka kemampuan lansia untuk bereaksi terhadap jatuh mengalami penurunan yang berakibat pada kejadian jatuh yang dialami. Dukungan caregiver dalam pencegahan jatuh sangat dibutuhkan. Tujuan literature review adalah mereview tentang kesadaran Caregiver tentang risiko jatuh pada Lansia. Metode: Issue, metodologi, persamaan dan perbedaan penelitian menjadi dasar dalam pelaksanaan literature review. Dari 7 penelitian terdapat lima penelitian yang menggunakan kuantitatif dan dua penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Populasinya adalah seluruh caregiver yang merawat lansia dan sampel yang digunakan adalah sebagian maupun semua caregiver yang berperan dalam perawatan lansia. Hasil: Berdasarkan 7 penelitian didapatkan lima penelitian yang menunjukkan bahwa Caregiver memiliki kesadaran yang baik dalam pencegahan risiko jatuh pada lansia serta terdapat dua penelitian yang memberikan informasi bahwa caregiver memiliki kesadaran yang kurang dalam pencegahan jatuh pada lansia. Diskusi: Dengan adanya penyuluhan Kesehatan, promosi Kesehatan bahkan dengan pelatihan yang diberikan pada caregiver akan dapat membantu caregiver dalam pelaksanaan tindakan pencegahan jatuh pada lansia yang ada.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: caregiver, lansia, jatuh
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 10 Jan 2023 05:30
Last Modified: 10 Jan 2023 05:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32968

Actions (login required)

View Item View Item