Literature Review: Pengaruh Jahe Terhadap Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout

Prabasari, Ninda Ayu (2019) Literature Review: Pengaruh Jahe Terhadap Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout. Literature Review: Pengaruh Jahe Terhadap Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout, 7 (2). pp. 167-180. ISSN 2338-6241

[thumbnail of Literature Review: Pengaruh Jahe Terhadap Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout] Text (Literature Review: Pengaruh Jahe Terhadap Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout)
12-Literature_review_.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of Literature Review: Pengaruh Jahe Terhadap Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout_peer_review_] Text (Literature Review: Pengaruh Jahe Terhadap Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout_peer_review_)
12-R1&2-Literature_review_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Literature Review: Pengaruh Jahe Terhadap Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout] Text (Literature Review: Pengaruh Jahe Terhadap Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout)
12-Literature_review_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendahuluan: Proses penuaan mengakibatkan gangguan metabolisme purin yang memicu Arthritis gout dengan gejala pembengkakan, kemerahan, panas pada sendi sehingga terjadi kekakuan dan timbul rasa nyeri di malam hari. Nyeri terjadi secara terus menerus menyebabkan penurunan kualitas hidup lansia. Tujuan dari literature review untuk mereview efektifitas jahe terhadap nyeri pada lansia dengan Arthritis Gout. Metode: Literature review dilakukan berdasarkan issue, metodologi dan persamaan hasil. Penelitian yang digunakan berjumlah 11 menggunakan quantitative study, desain pre ekperimen menggunakan atau tanpa kelompok kontrol. Variabel yang digunakan adalah skala nyeri pada pasien Arthritis Gout. Hasil: Intervensi pemberian jahe didapatkan 9 menggunakan jahe sebagai kompres dan 2 lainnya menggunakan sebagai rendam kaki. Terdapat 2 penelitian yang hasilnya tidak ada beda tetapi menunjukan efektifitas jahe terhadap penurunan nyeri pada lansia Arthritis Gout. Penelitian pertama membandingkan terapi rendam air hangat dengan rendam air hangat jahe dan penelitian kedua membandingkan kompres jahe putih dengan kompres parutan jahe putih dengan hasil penelitian menunjukkan adanya efektifitas jahe terhadap nyeri. Diskusi: Jahe dapat digunakan sebagai alternative intervensi untuk mengurangi nyeri pada lansia dengan Arthritis Gout. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas terapi jahe sebagai terapi komplementer untuk mengurangi nyeri lansia Athritis Gout.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: jahe, nyeri, lansia, arthritis gout
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 10 Jan 2023 05:22
Last Modified: 10 Jan 2023 05:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32967

Actions (login required)

View Item View Item