Penatalaksanaan Dismenore berdasar- kan Karakteristik Dismenore pada Remaja Putri

Juwita, Linda and Prabasari, Ninda Ayu (2022) Penatalaksanaan Dismenore berdasar- kan Karakteristik Dismenore pada Remaja Putri. Penatalaksanaan Dismenore berdasar- kan Karakteristik Dismenore pada Remaja Putri, 8 (1). pp. 1-8. ISSN eISSN : 2502-2083; pISSN : 2443-4019

[thumbnail of Penatalaksanaan Dismenore berdasar- kan Karakteristik Dismenore pada  Remaja Putri] Text (Penatalaksanaan Dismenore berdasar- kan Karakteristik Dismenore pada Remaja Putri)
9-Penatalaksanaan_dismenore_.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of Penatalaksanaan Dismenore berdasar- kan Karakteristik Dismenore pada  Remaja Putri _peer_review_] Text (Penatalaksanaan Dismenore berdasar- kan Karakteristik Dismenore pada Remaja Putri _peer_review_)
9-R1&2-Penatalaksanaan_dismenore_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Penatalaksanaan Dismenore berdasar- kan Karakteristik Dismenore pada  Remaja Putri] Text (Penatalaksanaan Dismenore berdasar- kan Karakteristik Dismenore pada Remaja Putri)
9-Penatalaksanaan_dismenore_hasil cek similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dismenore merupakan masalah yang muncul pada remaja disetiap bulan saat menstruasi. Dismeonore adalah nyeri hebat yang dialami diawal atau saat menstruasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan penatalaksanaan dismenore seperti karakteristik dismenore. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh karakteristik dismenore dengan penatalaksanaan dismenore pada remaja putri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik, pendekatan menggunakan cross sectional. Populasi seluruh remaja putri yang mengalami dismenore di SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo. Teknik sampling adalah purposive sampling. Sampel adalah remaja putri yang telah memenuhi kriteria inklusi. Variabel independent dalam penelitian ini adalah karakteristik dismenore yang terdiri dari derajat nyeri, gejala penyerta, onset timbulnya dismenore, onset hilangnya dismenore, dan variabel dependen adalah penatalaksanaan dismenore. Jumlah responden adalah 46 orang. Analisa data yang digunakan uji Rank Spearman. Hasil menunjukan mayoritas responden berusia 15 tahun, usia menarch 12-13 tahun, siklus menstruasi rentang 21 sampai 35 hari, lama menstruasi rentang 3 sampai 7 hari, riwayat keluarga dismenore ibu, riwayat nyeri diluar menstruasi tidak ada, keteraturan siklus teratur. Hasil uji statistik menujukan tidak ada hubungan signifikan antara derajat nyeri, gejala penyerta, onset munculnya dismenore, onset hilangnya dismenore terhadap penatalaksanaan dismenore. Ada faktor lain menentukan penatalaksanaan dismenore remaja yaitu dismenore primer, jumlah gejala tambahan dismenore selain nyari, riwayat keluarga mengalami dismenore, dan pengetahuan responden.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dysmenorrhea, characteristics of dysmenorrhea, management of dysmenorrhea, adolescents
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:54
Last Modified: 10 Jan 2023 04:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32962

Actions (login required)

View Item View Item