Penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas (studi fenomenologi)

Panglipurningsih, Ninda Ayu Prabasari and Juwita, Linda (2021) Penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas (studi fenomenologi). Penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas (studi fenomenologi), 6 (2). pp. 1-10. ISSN pISSN : 2088-6098; eISSN : 2550-0538

[thumbnail of Penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas (studi  fenomenologi)] Text (Penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas (studi fenomenologi))
8-Penerapan_peran_dan_fungsi_.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of Penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas (studi  fenomenologi)_peer_review_] Text (Penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas (studi fenomenologi)_peer_review_)
8-R1&2-Penerapan_peran_dan_fungsi_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas (studi  fenomenologi)] Text (Penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas (studi fenomenologi))
8-Penerapan_peran_dan_fungsi_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Permasalahan hipertensi lansia di komunitas, diatasi dengan mengoptimalkan pelayanan kesehatan. Keberadaan perawat Puskesmas tidak bisa diabaikan, saat ini belum bisa menampilkan kemandiriannya sebagai seorang profesi. Perawat Puskesmas dibebani tugas tambahan yang bukan kewenangan profesi. Peran dan fungsi dijalankan tidak sesuai tugas dan kewenangan perawat, berdampak pelayanan tidak dapat diberikan secara optimal. Metode: Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tujuan penelitian untuk mendapatkan data dengan mengeksplorasi penerapan peran dan fungsi perawat dalam asuhan keperawatan lansia hipertensi di komunitas. Populasi adalah seluruh perawat yang bekerja di 2 (dua) Puskesmas di wilayah Surabaya, dengan 8 partisipan diperoleh melalui purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan interview, dianalisis menggunakan metode Collaizi. Hasil: didapatkan 8 tema yaitu pemahaman peran dan fungsi perawat, pemahaman asuhan keperawatan lansia hipertensi, peran dan fungsi perawat yang dominan dilakukan, keterbatasan pelayanan di dalam gedung, pekerjaan lain selain peran dan fungsi perawat, dukungan internal dan ekternal, kualitas pelayanan perawat dan puskesmas, kepuasan dalam diri perawat. Kesimpulan: peran dan fungsi perawat yang optimal dalam pelayanan asuhan keperawatan lansia hipertensi akan mempengaruhi kualitas pelayanan dan kualitas hidup lansia hipertensi. Rekomendasi yang dapat diberikan ialah pengoptimalan peran dan fungsi perawat dalam pelayanan dengan pembagian jobdisk yang jelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peran perawat, fungsi perawat, lansia, hipertensi
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:44
Last Modified: 10 Jan 2023 04:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32960

Actions (login required)

View Item View Item