Pengaruh pendekatan multiple intelligences terhadap pemahaman tentang cerita Alkitab pada anak-anak usia prasekolah

Gunawan, Gabryna (2010) Pengaruh pendekatan multiple intelligences terhadap pemahaman tentang cerita Alkitab pada anak-anak usia prasekolah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Pemahaman tentang cerita Alkitab penting dalam membentuk karakter dan menanamkan nilai-nilai kristiani pada anak usia prasekolah. Tinggi rendahnya tingkat pemahaman anak terhadap cerita Alkitab dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya ialah metode dan pendekatan pengajaran yang harus dapat memenuhi kebutuhan anak dengan keunikan gaya belajarnya. Pendekatan multiple intelligences memberi kesempatan pada anak untuk memanfaatkan gaya belajarnya yang terbaik, yang paling sesuai dengan dirinya sehingga akhirnya anak dapat memahami cerita. Peneliti melakukan penelitian dengan membuat modul pengajaran menggunakan pendekatan multiple intelligences dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan multiple intelligences terhadap pemahaman tentang cerita Alkitab pada anak usia prasekolah. Subjek penelitian 31 orang anak balita di Kebaktian Anak Gereja X. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Desain penelitian adalah non randomized pretest-posttest control group design. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan Test Prestasi. Analisis data dengan teknik Statistik Non Parametrik (U Mann Whitney test). Hasil analisis menunjukkan nilai Z score sebesar -4.067 dan p=0,000 (p< 0,05), yaitu ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan multiple intelligences terhadap pemahaman tentang cerita Alkitab pada anak-anak usia prasekolah. Peneliti menyarankan guru sekolah minggu dapat menggunakan pendekatan multiple intelligences untuk menunjang proses belajar anak sehingga dapat meningkatkan pemahaman anak tentang cerita Alkitab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pendekatan multiple intelligences, pemahaman tentang cerita Alkitab dan anak usia prasekolah
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 03:40
Last Modified: 13 Oct 2015 03:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3294

Actions (login required)

View Item View Item