Intervensi Keperawatan Stroke Associated Pneumonia (SAP): Literature Review

Mare, Agustina Chriswinda Bura (2020) Intervensi Keperawatan Stroke Associated Pneumonia (SAP): Literature Review. Intervensi Keperawatan Stroke Associated Pneumonia (SAP): Literature Review, 8 (2). pp. 164-173. ISSN pISSN: 2338-6241, eISSN: 2614-4352

[thumbnail of Intervensi Keperawatan Stroke Associated Pneumonia (SAP): Literature Review] Text (Intervensi Keperawatan Stroke Associated Pneumonia (SAP): Literature Review)
1-Intervensi_keperawatan_stroke_.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Intervensi Keperawatan Stroke Associated Pneumonia (SAP): Literature Review_peer_review_] Text (Intervensi Keperawatan Stroke Associated Pneumonia (SAP): Literature Review_peer_review_)
1-R1&2-Intervensi_keperawatan_stroke_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Intervensi Keperawatan Stroke Associated Pneumonia (SAP): Literature Review] Text (Intervensi Keperawatan Stroke Associated Pneumonia (SAP): Literature Review)
1-Intervensi_keperawatan_stroke_hasil cek similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Stroke associated pneumonia (SAP) merupakan infeksi saluran pernapasan bagian bawah akibat komplikasi dari stroke yang terjadi pada 7 hari pertama setelah onset stroke pada pasien tanpa ventilasi. Review ini bertujuan untuk meninjau berbagai literatur tentang intervensi yang dapat dilakukan perawat untuk mencegah dan mengatasi masalah pneumonia pada pasien stroke. Metode: Pencarian literatur di data elektronik yaitu PUBMED, clinical key for nursing dan AHA Journals. Artikel terbit tahun 2010 – 2020 dan berbahasa inggris. Kriteria inklusi yaitu penelitian dilakukan pada semua pasien stroke baik iskemik maupun hemorhagik, intervensi yang diberikan merupakan tindakan keperawatan, dan outcome yang dinilai adalah pneumonia. Kriteria ekslusi yaitu intervensi farmakologis dan tindakan medis kedokteran. Kata kunci yang digunakan yaitu nursing intervention AND stroke associated pneumonia. Hasil: Tujuh artikel ditelaah dan ditemukan beberapa intervensi yang digunakan untuk mencegah dan menurunkan kejadian pneumonia pada pasien stroke. Tindakan keperawatan yang dapat dilakukan adalah screening dysphagia, mobilisasi awal, terapi menelan, dan oral care. Kesimpulan: Oral care yang rutin terbukti dapat menurunkan kejadian pneumonia pada pasien stroke.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: intervensi keperawatan, stroke, pneumonia
Subjects: Nursing Science
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:59
Last Modified: 06 Dec 2022 06:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32615

Actions (login required)

View Item View Item