Pengaruh Persaingan Pasar dan Board Interlock terhadap Agresivitas Pajak Pasca Tax Amnesty

Paramitha, Reza Puji and Sari, Dian Purnama (2022) Pengaruh Persaingan Pasar dan Board Interlock terhadap Agresivitas Pajak Pasca Tax Amnesty. Pengaruh Persaingan Pasar dan Board Interlock terhadap Agresivitas Pajak Pasca Tax Amnesty, 18 (1). pp. 25-36. ISSN pISSN: 016-9517, eISSN: 2460-8505, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4

[thumbnail of Pengaruh Persaingan Pasar dan Board Interlock terhadap Agresivitas Pajak Pasca Tax Amnesty] Text (Pengaruh Persaingan Pasar dan Board Interlock terhadap Agresivitas Pajak Pasca Tax Amnesty)
16-Pengaruh_persaingan_pasar_.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Pengaruh Persaingan Pasar dan Board Interlock terhadap Agresivitas Pajak Pasca Tax Amnesty_peer_review_] Text (Pengaruh Persaingan Pasar dan Board Interlock terhadap Agresivitas Pajak Pasca Tax Amnesty_peer_review_)
17-R1&2-Pengaruh_persaingan_pasar_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Pengaruh Persaingan Pasar dan Board Interlock terhadap Agresivitas Pajak Pasca Tax Amnesty] Text (Pengaruh Persaingan Pasar dan Board Interlock terhadap Agresivitas Pajak Pasca Tax Amnesty)
16-Pengaruh_Persaingan_Pasar_Hasil cek similaritas.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan program tax amnesty ternyata belum cukup untuk meminimalkan agresivitas pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persaingan pasar dan board interlock terhadap agresivitas pajak pasca tax amnesty. Sampel penelitian adalah perusahaan manufaktur dan dagang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan telah mengikuti program tax amnesty yaitu sebanyak 38 perusahaan dengan periode laporan keuangan 2017-2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisa regresi linier ber-ganda. Agresivitas pajak diproksikan dengan Cash Effective Rate (CETR) dan per-saingan pasar diukur dengan Herfindahl-Hirschman Index (HHI). Variabel kontrol penelitian adalah ukuran perusahaan dan tingkat utang. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa persaingan pasar berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Perus-ahaan dengan tingkat kekuatan persaingan pasar yang lebih rendah akan cenderung melakukan agresivitas pajak karena dianggap sebagai upaya untuk mengendalikan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Sedangkan keberadaan board interlock akan menekan perusahaan untuk tidak melakukan agresivitas pajak sehingga board interlock berpengaruh negative terhadap agresivitas pajak.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4
Uncontrolled Keywords: Board Interlock, Market Competition, Post Tax Amnesty, Tax Aggressiveness
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 30 Nov 2022 08:00
Last Modified: 11 Jan 2023 08:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32572

Actions (login required)

View Item View Item