Cost [In]Efficiency di Balik Kebakaran Hutan dan Lahan

Rahayu, Sri, Yudi, Yudi, Rahayu, Rahayu, Lutfillah, Novrida Qudsi and Sari, Dian Purnama (2021) Cost [In]Efficiency di Balik Kebakaran Hutan dan Lahan. Cost [In]Efficiency di Balik Kebakaran Hutan dan Lahan, 12 (2). pp. 351-369. ISSN p-ISSN : 20867603, e-ISSN : 20895879, Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2

[thumbnail of Cost [In]Efficiency di Balik Kebakaran Hutan dan Lahan] Text (Cost [In]Efficiency di Balik Kebakaran Hutan dan Lahan)
9. Cost_(in)efficiency_.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of Cost [In]Efficiency di Balik Kebakaran Hutan dan Lahan_peer_review_] Text (Cost [In]Efficiency di Balik Kebakaran Hutan dan Lahan_peer_review_)
10-R1&2-Cost_(in)efficiency_.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of Cost [In]Efficiency di Balik Kebakaran Hutan dan Lahan] Text (Cost [In]Efficiency di Balik Kebakaran Hutan dan Lahan)
9. Cost_(in)efficiency_Hasil cek similarity.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Utama - Penelitian ini bertujuan mengungkap realitas akuntansi dari persepsi masyarakat tentang penyebab di balik terjadinya bencana berulang setiap musim kemarau. Metode - Data diperoleh dari hasil wawancara dengan masyarakat Jambi yang terdampak langsung bencana, pengamatan, dan telaah dokumen. Kearifan lokal Jambi “merun” atau “muhun” digunakan sebagai alat analisis data. Temuan Utama - Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar masyarakat menjadikan efisiensi biaya pembukaan lahan besar-besaran di balik bencana ini. Bencana yang berdampak pada ekonomi, sosial, kesehatan, dan pendidikan. Budaya lokal masyarakat yang sangat menghargai alam ikut terkikis. Implikasi Teori dan Kebijakan - Penindakan tegas terhadap oknum di balik terjadinya kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan. Selain itu, akuntabilitas yang dibangun bukan hanya bersifat kalkulatif, tetapi menuju akuntabilitas holistik. Kebaruan Penelitian – Penyelidikan atas efisiensi biaya menjadi kebaruan atas penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2
Uncontrolled Keywords: akuntabilitas, biaya, efisiensi, pembukaan lahan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:41
Last Modified: 11 Jan 2023 07:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32564

Actions (login required)

View Item View Item