Aktivitas human vetting terhadap 30 media online anggota asosiasi media siber Indonesia terkait berita hoax

Olivia, Vanessa (2022) Aktivitas human vetting terhadap 30 media online anggota asosiasi media siber Indonesia terkait berita hoax. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Communication Science, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Informasi dimasa sekarang sangat mudah di dapatkan, terutama semenjak hadirnya media-media online di masyarakat. Semakin banyaknya media online, menyebabkan munculnya berbagai berita-berita yang sesuai fakta dan berita-berita bohong atau hoax. Munculnya berita hoax berasal dari media online yang tidak profesional serta jurnalis yang tidak berpedoman pada kode etik jurnalistik. Tentunya, seorang jurnalis yang profesional harus berpedoman pada kode etik jurnalistik, agar dapat memberikan informasi berita yang sesuai fakta dan tidak menimbulkan berita hoax. Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) terbentuk akibat banyaknya berita hoax yang tersebar di Indonesia. Kehadiran AMSI bertujuan untuk memberikan perubahan pada media-media online di Indonesia terutama 30 media online anggota AMSI. AMSI membentuk sebuah program bernama human vetting dimana proses pengerjaannya seperti media monitoring. Media monitoring bertujuan untuk melakukan pemantauan dari media lain kepada media lainnya. Human vetting dilakukan untuk menganalisis 30 media online milik anggota AMSI terkait berita-berita hoax, dimana nantinya akan dilakukan analisis berdasarkan 9 variable codebook milik AMSI untuk membuat media online menjadi profesional dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Melalui human vetting diharapkan dapat memberikan perubahan kepada 30 media online anggota AMSI agar menjadi media online yang profesional yang sesuai dengan Undang-Undang Pers dan Pedoman Media Siber yang memberikan berita yang informatif dan sesuai fakta

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
UNSPECIFIED
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: New media, jurnalistik, media monitoring
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 11659 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:50
Last Modified: 18 Oct 2022 04:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/32291

Actions (login required)

View Item View Item