Pengembangan lembar kerja peserta didik model guided discovery learning pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Katolik Karitas III Surabaya

Hartono, Aurora Kezia (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik model guided discovery learning pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Katolik Karitas III Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (299kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (327kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Karitas III Surabaya pada pokok bahasan suhu dan kalor dengan model Guided Discovery Learning. Proses pembelajaran dilaksanakan sebanyak dua pertemuan dengan alokasi waktu 4 × 60 menit setiap pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu Definition, Design, Development, Disseminate. Perangkat pembelajaran yang telah divalidasi oleh dua validator berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Rencana Evaluasi. Ketiga perangkat pembelajaran ini mendapatkan kategori baik dengan skor rata-rata 3,67 pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 3,31 pada Lembar Kerja Peserta Didik dan 3,36 pada Rencana Evaluasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning pada pokok bahasan Suhu dan Kalor dinyatakan terlaksanakan dengan sangat baik dengan skor rata-rata 3,77. Berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir yang diberikan pada peserta didik, pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Guided Discovery Learning pada pokok bahasan Suhu dan Kalor dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan kategori sedang dan skor rata-rata N-Gain 0,65. Berdasarkan hasil analisis respon peserta didik terhadap perangkat pelajaran serta model pembelajaran yang digunakan, skor rata-rata yang diberikan oleh peserta didik adalah 3,07 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Winata, Sugimin Wahyu
NIDN9907149135
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guided discovery learning, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, rencana evaluasi, suhu dan kalor, meningkatkan hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 11505 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:53
Last Modified: 14 Sep 2022 07:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31831

Actions (login required)

View Item View Item