Hartono, Aurora Kezia (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik model guided discovery learning pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Katolik Karitas III Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Submitted Version Download (299kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (667kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Submitted Version Download (327kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Karitas III Surabaya pada pokok bahasan suhu dan kalor dengan model Guided Discovery Learning. Proses pembelajaran dilaksanakan sebanyak dua pertemuan dengan alokasi waktu 4 × 60 menit setiap pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu Definition, Design, Development, Disseminate. Perangkat pembelajaran yang telah divalidasi oleh dua validator berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Rencana Evaluasi. Ketiga perangkat pembelajaran ini mendapatkan kategori baik dengan skor rata-rata 3,67 pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 3,31 pada Lembar Kerja Peserta Didik dan 3,36 pada Rencana Evaluasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning pada pokok bahasan Suhu dan Kalor dinyatakan terlaksanakan dengan sangat baik dengan skor rata-rata 3,77. Berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir yang diberikan pada peserta didik, pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Guided Discovery Learning pada pokok bahasan Suhu dan Kalor dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan kategori sedang dan skor rata-rata N-Gain 0,65. Berdasarkan hasil analisis respon peserta didik terhadap perangkat pelajaran serta model pembelajaran yang digunakan, skor rata-rata yang diberikan oleh peserta didik adalah 3,07 dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Fisika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Winata, Sugimin Wahyu NIDN9907149135 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Guided discovery learning, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, rencana evaluasi, suhu dan kalor, meningkatkan hasil belajar. |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 11505 not found. |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 07:53 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:53 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31831 |
Actions (login required)
View Item |