Pendidikan kritis yang membebaskan: belajar dari Paolo Freire

Ryadi, Agustinus ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8609-1545 (2020) Pendidikan kritis yang membebaskan: belajar dari Paolo Freire. ARETE, 09 (01). pp. 12-27. ISSN 2089-7804

[thumbnail of Pendidikan Kritis] Text (Pendidikan Kritis)
ARETE ar Vol 9 no 1 Feb 2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan kritis adalah pendidikan yang bertujuan untuk melawan penindasan. Paolo Friere merumuskan ide mengenai pendidikan kritis dalam buku Pedagogy of The Oppressed sebagai upaya untuk menghadapi berbagai bentuk penindasan dan dehumanisasi serta mengupayakan pendidikan yang lebih manusiawi. Pendidikan kritis merupakan pendidikan yang berorientasi pada aktualisasi diri manusia sepenuhnya. Pendidikan yang manusiawi mengupayakan perkembangan utuh manusia untuk mencapai otentitisitasnya yang seringkali terhalang oleh represi dan dominasi. Paradigma pendidikan yang membebaskan berbeda dengan pendidikan gaya bank di mana guru mendominasi proses belajar dan murid hanya mendengarkan. Pendidikan yang membebaskan memperlakukan anak didik sebagai subjek dan mengedepankan pendidikan hadap-masalah. Dalam pendidikan kritis, proses pendidikan diarahkan pada kesadaran akan ketertindasan. Kesadaran akan ketertindasan diarahkan bukan hanya pada kaum tertindas tetapi juga oleh kepada kaum penindas, karena menurut Freire kaum penindas adalah orang yang tertindas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan kritis, penindasan, manusiawi, kesadaran, subjek, hadapmasalah, gaya-bank
Subjects: Philosophy
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Dr. Agustinus Ryadi
Date Deposited: 09 Aug 2022 01:20
Last Modified: 09 Aug 2022 01:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31825

Actions (login required)

View Item View Item