Pengaruh diversitas gender dewan komisaris dan dewan direksi terhadap kinerja perusahaan (Studi kasus perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019)

Santoso, William (2022) Pengaruh diversitas gender dewan komisaris dan dewan direksi terhadap kinerja perusahaan (Studi kasus perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (2).pdf

Download (642kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja perusahaan merupakan kemampuan perusahaan untuk meraih tujuannya melalui pemakaian sumber daya secara efisien dan efektif dan menggambarkan seberapa jauh suatu perusahaan dapat mencapai hasilnya setelah dibandingkan dengan kinerja terdahulu (previous perfomance) dan kinerja organisasi lain benchmarking. Kinerja perusahaan juga biasanya menjadi salah satu faktor penentu bagi perusahaan untuk mengambil suatu kebijakan guna mencapai hasil yang lebih baik daripada sebelumnnya.Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan salah satu faktor tersebut adalah keragaman(diversitas) gender dari dewan direksi dan dewan komisaris dalam perusahaan. Oleh karena itu,Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh diversitas gender dewan komisaris dan dewan direksi terhadap kinerja perusahaan. Variabel independen yang dikenakan dalam penelitian ini adalah diversitas gender dari dewan direksi dan dewan komisaris.Objek penelitian yang diambil adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Sumber data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diversitas gender dewan direksi berpengaruh negative terhadap kinerja perusahaan,serta terdapat pengaruh positif pada diversitas gender dari dewan komisaris terhadap kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Hendra
NIDN0718108506
hendrawijaya@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Diversitas, gender, dewan komisaris, dewan direksi, kinerja perusahaan.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 11517 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:54
Last Modified: 21 Jul 2022 08:54
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31672

Actions (login required)

View Item View Item