Hubungan kualitas pelayanan kader posyandu lanjut usia dengan peningkatan kualitas hidup lanjut usia pada masa pandemi di Puskesmas Kedungdoro Surabaya

Jalus, Fransiska (2022) Hubungan kualitas pelayanan kader posyandu lanjut usia dengan peningkatan kualitas hidup lanjut usia pada masa pandemi di Puskesmas Kedungdoro Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (984kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_FRANSISKA JALUS_9103018035..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kelompok lansia adalah yang paling berisiko mengalami morbiditas dan mortalitas akibat penyakit Covid-19, sehingga lansia membutuhkan pelayanan kesehatan agar kesehatan dan kualitas hidupnya selama masa pandemi Covid-19 dapat terjaga seoptimal mungkin. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kader dengan kualitas hidup lansia pada masa pandemi. Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. Variabel dalam penelitian adalah kualitas pelayanan kader dan kualitas hidup. Populasi seluruh lansia berusia ≥ 60 tahun di Posyandu lansia Matahari Senja Puskesmas Kedungdoro Surabaya sebanyak 100 orang. Sampel berjumlah 30 responden dan menggunakan metode purposive sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner kualitas pelayanan kader dan kuesioner The World Health Organization Quality of Life (WHOQOL-BREF) yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian sebanyak 28 responden (93%) memiliki kualitas pelayanan kader baik, dan 15 responden (50%) memiliki kualitas hidup sangat baik. Uji statistik Rank Spearman menunjukkan r = 0,377, nilai p = 0,040 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara kualitas pelayanan kader dengan kualitas hidup lansia pada masa pandemi dengan kekuatan hubungan cukup. Semakin baik tingkat kualitas pelayanan kader maka semakin baik kualitas hidup lansia pada masa pandemi. Kader selalu memberikan pelayanan yang baik, sehingga lansia aktif mengikuti kegiatan Posyandu. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Keperawatan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Panglipurningsih, Ninda Ayu Prabasari
NIDN0727108704
nindaayu@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Sari, Nia Novita
NIDN0709028805
nianovita@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Lansia, Kualitas Pelayanan Kader, Kualitas Hidup, Masa Pandemi
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 11479 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:20
Last Modified: 18 Jul 2022 02:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31649

Actions (login required)

View Item View Item