Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid–19

Lorenza, Dina (2022) Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid–19. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Chatholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAKK 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
Bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
DINA_BAB 7.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN DINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penularan virus corona terjadi begitu cepat, pemerintah mengambil tindakan pembatasan sosial berskala besar, salah satunya proses pembelajaran secara daring. Perubahan proses pembelajaran memengaruhi motivasi belajar yang berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa yang berdampak terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian: mengetahui adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa sekolah dasar (SD) dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini: desain korelasional dengan pendekatan cross sectional, dengan motivasi belajar sebagai variabel independent dan hasil belajar sebagai variabel dependent. Pemilihan responden dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang mendapatkan sejumlah 35 siswa kelas V SD Negeri Krembangan Selatan I Surabaya. Dengan kriteria inklusi peneliti. Instrumen: kuesioner motivasi belajar untuk hasil belajar diambil dari nilai rata-rata raport semester satu. Penelitian ini: uji statistik Rank Spearman dengan nilai p=0,022 dan koefisien korelasi 0,387* yang berarti tingkat kekuatan hubungan antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar lemah dan searah, semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi hasil belajar. Motivasi belajar dan hasil belajar dalam penelitian ini dipengaruhi oleh Pekerjaan orang tua membuat lebih banyak waktu untuk mendampingi anak belajar di rumah, jumlah anak mempengaruhi situasi belajar yang kondusif, bimbingan belajar meningkatkan frekuensi belajar dan memahami materi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Keperawatan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Juwita, Linda
NIDN0701088701
lindajuwita@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Lilyana, M.T Arie
NIDN073009502
arie@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 11504 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:19
Last Modified: 18 Jul 2022 03:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31635

Actions (login required)

View Item View Item