Saponin Modified Clay For Crude Palm Oil Bleaching

Kalidikalam, Fahrizal Ayub, Halili, Patricia Grace Dei Evita Tanzil, Santoso, Shella Permatasari and Ismadji, Suryadi (2020) Saponin Modified Clay For Crude Palm Oil Bleaching. Saponin Modified Clay For Crude Palm Oil Bleaching, 19 (1). pp. 35-38. ISSN 26865947, 9076789, Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA 5 Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA 5

[thumbnail of Saponin Modified Clay For Crude Palm Oil Bleaching] Text (Saponin Modified Clay For Crude Palm Oil Bleaching)
68-Saponin_modified_clay_.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Saponin Modified Clay For Crude Palm Oil Bleaching_peer_review_] Text (Saponin Modified Clay For Crude Palm Oil Bleaching_peer_review_)
68-R1&2-Saponin_modified_clay_for_.pdf

Download (938kB)
[thumbnail of Saponin Modified Clay For Crude Palm Oil Bleaching] Text (Saponin Modified Clay For Crude Palm Oil Bleaching)
68-Saponin_modifikasi_.pdf

Download (149kB)

Abstract

Proses pemucatan minyak sawit mentah (MGS) adalah suatu tahapan penting dalam proses produksi minyak kelapa sawit yang berkualitas food grade. Agen pemucatan, atau yang dikenal sebagai bleaching earth, digunakan sebagai agen dekolorisasi. Bleaching earth bertindak sebagai adsorben untuk menyerap karotenoid dan senyawa organik lainnya dalam MGS. Bentonit adalah agen dekolorisasi yang umum digunakan dalam proses pemucatan. Aktivasi bentonit diperlukan untuk meningkatkan kemampuan adsorptifnya. Dalam studi ini, bentonit dimodifikasi dengan menggunakan surfaktan saponin untuk memperbesar area permukaan, dan dengan demikian, meningkatkan kapasitas adsorpsi bentonit. Aktivasi bentonit dilakukan dengan mencangkokkan partikel saponin ke dalam bentonit pada berbagai rasio massa; khususnya, rasio bentonit banding saponin 100: 1, 200: 1, 300: 1, 400: 1, dan 500: 1. Impregnasi, atau aktivasi, suhu 40 dan 50˚C dipilih. Keberhasilan impregnasi saponin dikarakterisasi menggunakan analisis spektroskopi Fourier Transform Infrared (FTIR). Perubahan nilai kapasitas pertukaran kation bentonit (CEC) sebelum dan sesudah impregnasi dievaluasi. Kinerja pemucatan dari bentonit termodifikasi saponin dinilai dengan menentukan jumlah senyawa karotenoid yang dihilangkan. Selanjutnya, perubahan nilai asam lemak bebas MGS (setelah pemutihan) juga dinilai. Proses pemucatan dilakukan dengan mencampurkan bentonit ke dalam MGS pada suhu 90˚C selama 10 menit. Hasil proses pemutihan menunjukkan bahwa bentasit modifikasi rarasaponin mampu menyerap 310 mg karotenoid per g adsorben

Item Type: Article
Additional Information: Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA 5 Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA 5
Uncontrolled Keywords: bentonit; aktivasi saponin; minyak sawit; palm oil; adsorpsi
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:27
Last Modified: 03 Aug 2022 02:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31547

Actions (login required)

View Item View Item