Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android (e-Optic) pada pokok bahasan optika geometri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya

Prabowo, Johan (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android (e-Optic) pada pokok bahasan optika geometri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (940kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Android (e-Optic) pada pokok bahasan optika geometri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya, dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan dengan alokasi waktu untuk setiap pertemuan adalah 2 x 45 menit dan 1 pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 15 menit. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Hasil validasi media mendapatkan nilai rata-rata 3,37 berkategori sangat valid, RPP berkategori sangat valid dengan persentase sebesar 89,29%, dan RE berkategori sangat valid dengan persentase sebesar 87,50%. Perangkat pembelajaran diuji cobakan kepada 27 peserta didik kelas XI MIPA 1, mendapatkan nilai rata-rata keterlaksanaan RPP sebesar 0,89 berkategori sangat baik, hasil respon peserta didik sangat positif dengan nilai rata-rata 3,47 dan nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 0,32 berkategori sedang. Kesimpulan yang diperoleh adalah media pembelajaran interaktif berbasis Android (e-Optic) layak digunakan untuk proses pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Anthony
NIDN0715058503
anthony@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, direct instruction, optika geometri, hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 11438 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 08:12
Last Modified: 13 Jul 2022 08:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31364

Actions (login required)

View Item View Item