Uji aktivitas antifungi ekstrak etanol 96% biji kopi robusta (Coffea canephora) dan ekstrak etil asetat daun mint (Mentha piperita) terhadap Rhizopus stolonifer

Rati, Angelica Krisensiani (2022) Uji aktivitas antifungi ekstrak etanol 96% biji kopi robusta (Coffea canephora) dan ekstrak etil asetat daun mint (Mentha piperita) terhadap Rhizopus stolonifer. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy

Abstract

Rhizopus stolonifer merupakan salah satu kapang yang memfermentasikan kedelai menjadi tempe namun dapat bersifat merugikan bila tumbuh secara berlebihan dan dapat menyebabkan infeksi. Biji kopi robusta (Coffea canephora) dan daun mint (Mentha piperita) memiliki beberapa senyawa metabolit sekunder yang dapat berperan sebagai antifungi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antifungi dari kombinasi ekstrak etanol 96% biji kopi robusta (Coffea canephora) dan ekstrak etil asetat daun mint (Mentha piperita) dengan metode difusi sumuran agar terhadap Rhizopus stolonifer dan mengetahui jenis golongan senyawa yang terdapat dalam kombinasi ekstrak etanol 96% biji kopi robusta (Coffea canephora) dan ekstrak etil asetat daun mint (Mentha piperita). Pada penelitian ini dilakukan ekstraksi menggunakan pelarut etanol 96% untuk biji kopi robusta dan pelarut etil asetat untuk daun mint kemudian dilakukan standarisasi spesifik dan non-spesifik, lalu dilakukan skrining fitokimia dengan metode tabung. Pengujian aktivitas antifungi menggunakan metode difusi sumuran agar dengan perbandingan ekstrak 1:1 dan konsentrasi kombinasi ekstrak 20%, 40%, dan 60%. Kontrol positif yang digunakan adalah emulsi krim klotrimazol 0,1% dan kontrol DMSO 2%. Hasil skrining fitokimia terhadap ekstrak etanol 96% biji kopi robusta terdapat alkaloid, flavonoid, tanin, minyak atsiri, kuinon, dan terpenoid sedangkan hasil skrining fitokimia terhadap ekstrak etil asetat daun mint terdapat alkaloid, flavonoid, tanin, minyak atsiri, steroid dan terpenoid. Hasil uji aktivitas kombinasi ekstrak etanol 96% biji kopi robusta (Coffea canephora) dan ekstrak etil asetat daun mint (Mentha piperita) tidak memiliki aktivitas antifungi terhadap Rhizopus stolonifer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Vernanda, Renna Yulia
NIDN0705078804
rennayuliavernanda@gmail.com
Thesis advisor
Hermanu, Liliek S.
NIDK241150838
liliekhermanu09@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Coffea canephora, Mentha piperita, Rhizopus stolonifer, antifungi, golongan senyawa.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11316 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:24
Last Modified: 11 Jul 2022 08:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31256

Actions (login required)

View Item View Item