Uji aktivitas antibakteri fungi endofit kulit jeruk bali (Citrus maxima) terhadap Staphylococcus aureus ATCC 6538

Khomalia, Silvia Cicilia (2022) Uji aktivitas antibakteri fungi endofit kulit jeruk bali (Citrus maxima) terhadap Staphylococcus aureus ATCC 6538. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy

Abstract

Fungi endofit merupakan mikroba hidup yang bersimbiosis saling menguntungkan dengan tanaman inangnya dan dapat menghasilkan metabolit sekunder sebagai senyawa bioaktif potensial untuk dikembangkan menjadi agen antimikroba, antiserangga, antikanker bahkan sebagai biokontrol di bidang pertanian. Kulit buah jeruk bali mengandung fitokimia, seperti fenol, tanin, saponin dan flavonoid, dimana flavonoid berperan sebagai aktivitas antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi, mengkarakterisasi dan menguji aktivitas antibakteri dari fungi endofit yang diperoleh dari kulit buah jeruk bali (Citrus maxima). Proses isolasi fungi endofit kulit buah jeruk bali dilakukan dengan cara memotong kulit buah jeruk bali dengan ukuran 3x1x1 cm yang telah disteriliasi dengan alkohol 70% selama 2 menit, dilanjutkan dengan NaOCl 5,3% selama 3 menit, alkohol 70% selama 1 menit dan dibilas dengan aquades steril sebanyak 3 kali, masing-masing 1 menit, lalu diinokulasikan di atas permukaan media Saboroud Dextrose Agar (SDA). Diperoleh 6 fungi endofit murni yang selanjutnya dilakukan pengamatan makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia (uji hidrolisa amilum, uji hidrolisa kasein dan uji hidrolisa lemak). Dilakukan uji aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus ATCC 6538 dengan menggunakan media Plate Count Agar (PCA). Fungi endofit dengan kode FEKJB 1 memberikan hasil aktivitas antibakteri terhdap Staphylococcus aureus ATCC 6538 dengan rasio DHP sebesar 2,25 ± 0,11 dan FEKJB 2 memberikan rasio DHP sebesar 2,70 ± 0,11. Diduga fungi endofit dengan kode FEKJB 1 termasuk dalam genus Penicillium, FEKJB 2 termasuk dalam genus Aspergillus, FEKJB 3 termasuk dalam genus Zopfiella, FEKJB 4 termasuk dalam genus Fusarium, FEKJB 5 termasuk dalam genus Mortierellan dan FEKJB 6 termasuk dalam genus Humicola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Soegianto, Lisa
NIDN0729017401
lisa-s@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: fungi endofit, kulit buah jeruk bali, Citrus maxima, Staphylococcus aureus ATCC 6538, antibakteri
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Silvia Cicilia Khomalia
Date Deposited: 11 Jul 2022 05:18
Last Modified: 12 Jul 2022 08:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31242

Actions (login required)

View Item View Item