Pengaruh edukasi terhadap pengetahuan masyarakat tentang swamedikasi di Dusun Merombok, Golo Bilas, Komodo, Manggarai Barat

Ruben, Frederika Inderayati (2022) Pengaruh edukasi terhadap pengetahuan masyarakat tentang swamedikasi di Dusun Merombok, Golo Bilas, Komodo, Manggarai Barat. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Swamedikasi merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengobati keluhan yang didiagnosis sendiri tanpa berkonsultasi dengan tenaga medis dan tanpa pengawasan medis. Swamedikasi umumnya dilakukan untuk mengatasi keluhan-keluhan dan penyakit ringan yang banyak dialami masyarakat, seperti demam, nyeri, pusing, batuk, influenza, sakit maag, diare, penyakit kulit, dan lain-lain. Namun, swamedikasi dapat pula menjadi sumber terjadinya kesalahan pengobatan (medication error) karena keterbatasan pengetahuan masyarakat mengenai obat dan penggunaannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang swamedikasi adalah dengan memberikan edukasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil pengetahuan swamedikasi masyarakat Dusun Merombok dan menganalisis pengaruh pemberian edukasi terhadap pengetahuan tentang swamedikasi, demi meningkatkan pengetahuan swamedikasi masyarakat serta mengurangi kesalahan dalam penatalaksanaan pengobatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan desain one group pre-posttest. Desain penelitian ini mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan satu kelompok subjek. Kelompok subjek diobservasi sebelum pemberian intervensi, kemudian diobservasi kembali setelah pemberian intervensi berupa penyuluhan dengan media leaflet dan booklet. Hasil penelitian menunjukkan profil pengetahuan masyarakat Dusun Merombok tentang swamedikasi tergolong cukup dengan persentase sebesar 63,79%. Setelah diberikan edukasi profil pengetahuan swamedikasi responden meningkat menjadi 94,31% dan tergolong baik. Uji pengaruh edukasi terhadap pengetahuan swamedikasi menggunakan program IBM SPSS 25 dengan metode paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pengaruh edukasi terhadap pengetahuan swamedikasi yang ditunjukkan oleh nilai p sig(2-tailed) yaitu 0,000 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Kasih, Elisabeth
NIDN0710069005
elisabeth-k@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Setiawan, Monica Widyawati
NIDN0702124801
monicawidya48@gmail.com
Uncontrolled Keywords: pengaruh edukasi, pengetahuan masyarakat, swamedikasi
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11389 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2022 16:41
Last Modified: 10 Jul 2022 16:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31230

Actions (login required)

View Item View Item