Perancangan Alat Bantu Peletakan Sheet dengan Sistem Otomatisasi di PT. Madhara Aditama Utamabox

Tanudjaja, Yusup, Santosa, Hadi and Mulyono, Julius (2013) Perancangan Alat Bantu Peletakan Sheet dengan Sistem Otomatisasi di PT. Madhara Aditama Utamabox. Perancangan Alat Bantu Peletakan Sheet dengan Sistem Otomatisasi di PT. Madhara Aditama Utamabox, 12 (1). pp. 103-116. ISSN pISSN: 1412-7350 eISSN: 2621-3362

[thumbnail of Perancangan Alat Bantu Peletakan Sheet dengan Sistem Otomatisasi di PT. Madhara Aditama Utamabox] Text (Perancangan Alat Bantu Peletakan Sheet dengan Sistem Otomatisasi di PT. Madhara Aditama Utamabox)
18-Perancangan_alat_bantu_peletakan_sheet_.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Perancangan Alat Bantu Peletakan Sheet dengan Sistem Otomatisasi di PT. Madhara Aditama Utamabox] Text (Perancangan Alat Bantu Peletakan Sheet dengan Sistem Otomatisasi di PT. Madhara Aditama Utamabox)
18-Perancangan_alat_bantu_peletakan_sheet_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

PT. Madara Adhitama Utamabox merupakan sebuah badan usaha yang bergerak dalam bidang pemotongan, dan percetakan kardus. Perusahaan ini membeli lembaran kardus dari pihak luar, dan hanya mencetak, dan memotong lembaran kardus sesuai dengan pesanan konsumen. Hal yang menjadi permasalahan di PT.Madara Adhitama Utamabox adalah masalah peletakan sheet pada mesin long way. Seorang operator harus menjatuhkan kardus secara tepat di atas line yang ada di mesin long way, sehingga kait yang terus berputar pada line tersebut dapat mendorong lembaran kardus masuk ke dalam mesin long way. Oleh karena dilakukan secara manual pada proses ini, operator yang melakukan pekerjaan ini sering merasa keletihan dan tidak fokus dalam meletakkan lembaran kardus tersebut. Hal ini menyebabkan seringnya lembaran kardus yang terbuang (waste) dikarenakan waktu saat meletakkan lembaran kardus sering tidak sama dengan posisi kait yang tepat saat mendorong lembaran kardus ke mesin long way. Maka dilakukan analisis dengan cara pembagian kuesioner dan mengukur denyut jantung para pekerja. Sehingga dapat dilakukan suatu perbaikan untuk para pekerja. Agar pekerja dapat bekerja dengan nyaman dan tidak lagi mengalami kesakitan. Selain itu, kalori maupun energi para pekerja juga tidak terbuang banyak ketika bekerja sehingga kelelahan pekerja bisa diminimalkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: alat bantu, pemotongan kardus, peletakan sheet, otomatisasi
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:39
Last Modified: 08 Jul 2022 08:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31214

Actions (login required)

View Item View Item