Mesin Untuk Home Industry Kacang Telur

Yohanes, Yoan, Santosa, Hadi and Mulyono, Julius (2013) Mesin Untuk Home Industry Kacang Telur. Mesin Untuk Home Industry Kacang Telur, 12 (1). pp. 80-91. ISSN pISSN: 1412-7350, eISSN: 2621-3362

[thumbnail of Mesin Untuk Home Industry Kacang Telur] Text (Mesin Untuk Home Industry Kacang Telur)
17-Mesin_untuk_home_industry_kacang_.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of Mesin Untuk Home Industry Kacang Telur_peer_review_] Text (Mesin Untuk Home Industry Kacang Telur_peer_review_)
16-R1&2-Mesin_untuk_home_industry_kacang_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Mesin Untuk Home Industry Kacang Telur] Text (Mesin Untuk Home Industry Kacang Telur)
17-Mesin_untuk_home_industry_kacang_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Home industry kacang telur cap Merak merupakan home industry yang bergerak di bidang pembuatan kacang telur. Home industry ini terletak di jalan Kalimantan no 24 Sampit, Kalimantan Tengah. Dalam usahanya untuk dapat semakin berkembang, perusahaan ini berusaha untuk mengurangi kelelahan pekerja dalam setiap proses produksi terutama pada proses pencampuran. Dari analisis yang dilakukan terhadap pengamatan di home industry, maka didapatkan data kelelahan pekerja pada proses pencampuran terhitung agak berat. Perancangan mesin pencampuran dirancang melalui tahap penyusunan konsep, penyeleksian konsep, penyaringan konsep, dan penilaian konsep. Dari tahap-tahap itulah akan didapatkan suatu rancangan mesin untuk mengurangi kelelahan yang dialami oleh pekerja. Dari pengamatan terhadap kinerja mesin yang telah dirancang, kerja mesin dalam melakukan proses produksi lebih optimal karena mesin tersebut dapat mengurangi kelelahan pekerja, dan berdasarkan data yang telah didapat setelah pemakaian mesin kelelahan pekerja sudah tergolong ringan, sedangkan biaya setelah pemakaian mesin lebih hemat p.705.400/bulan. Maka sangat direkomendasikan untuk membuat alat bantu mesin tersebut untuk mengurangi kelelahan pekerja serta menghemat pengeluaran biaya per bulannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pencampuran, kacang telur, kelelahan, menghemat pengeluaran
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 08 Jul 2022 08:26
Last Modified: 21 Feb 2023 06:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31211

Actions (login required)

View Item View Item