Korelasi pengetahuan dan ketepatan swamedikasi terhadap penanganan penyakit cacingan pada anak usia Sekolah Dasar di Kota Surabaya

Hidayahni, Lailiyah Oktirina (2022) Korelasi pengetahuan dan ketepatan swamedikasi terhadap penanganan penyakit cacingan pada anak usia Sekolah Dasar di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya pengetahuan orangtua tentang penyakit kecacingan menjadi contoh faktor penyebab infeksi cacing dapat menular dari anak yang terjangkit ke anak lain. Selain itu, rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi dan lingkungan dapat menyebabkan penyakit ini dapat tersebar luas. Pengobatan cacingan penggunaannya harus sesuai dengan aturan pakai, waktu minum obat yang tepat, penggunaan sendok takar yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara pengetahuan dengan ketepatan swamedikasi pada penanganan penyakit cacingan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode korelasional dengan pemilihian sampel responden menggunakan teknik purposive sampling yaitu dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi yang dilakukan pada bulan Maret sampai April 2022. Pada penelitian ini menggunakan subjek sejumlah 100 responden, analisis statistik yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Chi-Square. Hasil analisis uji chi-square menunjukkan nilai Signifikasi 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pengetahuan dan ketepatan swamedikasi terhadap penanganan penyakit cacingan pada anak usia sekolah dasar di kota Surabaya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil penelitian yaitu responden dengan tingkat pengetahuan didapatkan hasil (baik: 86%, Cukup: 14%), dan responden dengan tingkat ketepatan swamedikasi terhadap penanganan penyakit cacingan didapatkan hasil (baik: 72%, cukup: 28%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hendriati, Lucia
NIDN0707107102
luciahendriati@gmail.com
Uncontrolled Keywords: kecacingan, pengetahuan, ketepatan, korelasi
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11378 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:59
Last Modified: 12 Jul 2022 04:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31174

Actions (login required)

View Item View Item