Aktivitas patch ekstrak etanol daun insulin (Smallanthus sonchifolius) dengan Enhancer Span-80 terhadap pengamatan makroskopis dan neoangiogenesis pada luka gangren tikus putih

Ariesandy, Ivanaldo (2022) Aktivitas patch ekstrak etanol daun insulin (Smallanthus sonchifolius) dengan Enhancer Span-80 terhadap pengamatan makroskopis dan neoangiogenesis pada luka gangren tikus putih. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy

Abstract

Penderita Diabetes Melitus 80% berada di negara yang berpenghasilan rendah atau menengah dengan rentang usia 40-59. Tahun 2012 terdapat 25,1 % kasus Diabetes Melitus sedangkan pada tahun 2013 meningkat menjadi 55,3 % dari tahun sebelumnya. Tanaman daun insulin memiliki kandungan yaitu phenol seperti chlorogenic, caffeic dan feluric. Daun insulin mempunyai khasiat yang sama seperti insulin, dimana daun insulin ini dapat menurunkan produksi glukosa di hepatosit. Kandungan phenol, chlorogenic, caffeonylquinic, ferulic merupakan antioksidan pada pasien Diabetes Melitus (DM) sehingga dapat memperbaiki sel β pankreas. Phenolic dan Caffeonylquinic dalam ekstrak daun insulin memiliki efek yaitu menghambat alfa glukosidase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari sediaan patch ekstrak etanol daun insulin dengan enhacher Span-80 yang berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa darah serta meningkatkan jumlah neoangiogenesis pada tikus putih wistar jantan yang dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok kontrol positif dengan krim bevalex, kelompok kontrol negatif dengan pemberian sediaan patch dengan enhacer Span-80 tanpa ada bahan aktif ekstrak etanol daun insulin, kelompok perlakuan pertama (P1) dengan sediaan patch dengan ekstrak etanol daun insulin tanpa menggunakan enhancer Span-80, kelompok perlakuan kedua (P2) dengan sediaan patch dengan ekstrak etanol daun insulin menggunakan enhancer Span-80. Lalu pengamatan makroskopis dan neoagiogenesis diamati pada hari ke-7 dan ke-14 dimana terdapat perbedaan yang bermakna (p ≤ 0,05) antara kelompok kontrol (-). Kemudian pada kelompok kontrol positif, P1 dan P2 tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna. Dapat disimpulkan bahwa sediaan patch ekstrak etanol daun insulin memiliki efektivitas serupa dengan bevalex krim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hamid, Iwan Syahrial
0
kelana_dawley68@yahoo.com
Thesis advisor
Hendriati, Lucia
NIDN0707107102
luciahendriati@gmail.com
Uncontrolled Keywords: diabetes melitus, gangren, neoangiogensis patch, daun insulin, Smallanthus sonchifolius
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11363 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2022 05:19
Last Modified: 12 Jul 2022 05:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31089

Actions (login required)

View Item View Item