Isolasi dan karakterisasi fungi endofit daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) yang mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans

Tanod, Sintya Prasadika (2022) Isolasi dan karakterisasi fungi endofit daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) yang mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Tanaman pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) merupakan salah satu tanaman monokotil yang memiliki daun beraroma wangi yang khas sehingga dimanfaatkan sebagai rempah untuk memberikan aroma pada makanan sekaligus digunakan sebagai obat tradisional. Fungi dapat menghasilkan metabolit sekunder yang menyerupai khasiat dari tanaman inangnya yaitu daun pandan wangi, oleh karena itu dapat berpotensi sebagai sumber metabolit sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi, mengkarakterisasi fungi endofit yang diperoleh dari daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) sekaligus uji aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans. Isolasi fungi endofit dilakukan dengan mensterilisasi permukaan daun pandan wangi menggunakan etanol 70%, natrium hipoklorit 5,3%, etanol 70% dan dibilas menggunakan akuades steril sebelum diinokulasikan pada media PDA (Potato Dextrose Agar) dan kemudian diinkubasi selama 2-14 hari pada suhu ruang. Selanjutnya dilakukan pemurnian dan karakterisasi melalui pengamatan makroskopis, mikroskopis dan uji biokimia. Berdasarkan hasil isolasi fungi endofit dari daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) didapatkan 5 isolat dan berdasarkan hasil karakterisasi, DP1 diduga termasuk dalam genus Oidiodendron, DP2 diduga termasuk dalam genus Aspergillus, DP3 diduga termasuk dalam genus Penicillium, DP4 diduga termasuk dalam genus Nodulisporium, dan DP5 diduga termasuk dalam genus Mortierella. Selanjutnya dilakukan uji aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans dengan menggunakan media PCA (Plate Count Agar). Dari hasil uji aktivitas antibakteri didapatkan 1 jenis fungi yang memiliki aktivitas antibakteri terhadap Streptococcus mutans dengan menghasilkan rasio DHP sebesar 2,23±0,41.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Soegianto, Lisa
NIDN0729017401
lisa-s@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: fungi endofit, daun pandan wangi, aktivitas antibakteri, Streptococcus mutans
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11341 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2022 15:36
Last Modified: 10 Jul 2022 15:36
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/31068

Actions (login required)

View Item View Item