Pengaruh suplementasi inulin-Medium Chain Triglycerides (MCT) terhadap indeks aterogenik dan perlemakan pada hati mencit obesitas yang diinduksi diet tinggi lemak-sukrosa

Al Habsi, Lutfi Ade (2022) Pengaruh suplementasi inulin-Medium Chain Triglycerides (MCT) terhadap indeks aterogenik dan perlemakan pada hati mencit obesitas yang diinduksi diet tinggi lemak-sukrosa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Obesitas erat kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit kronis khususnya penyakit jantung dan perlemakan hati. Rendahnya konsumsi serat pangan menjadi salah satu faktor dominan dalam peningkatan risiko obesitas. Terdapat dua jenis serat yaitu serat larut air dengan yang tidak larut air. Serat larut air diantaranya inulin dan isomalto-oligosakarida (IMO). Inulin dan IMO sebagai serat pangan memiliki efek positif dalam memperbaiki profil lipid dan perlemakan pada hati. Menariknya, tidak hanya serat pangan yang memiliki efek positif tersebut namun juga terdapat Medium Chain Triglycerides (MCT) yang secara sinergis berpotensi meningkatkan efek positif dari serat pangan terhadap faktor risiko penyakit yang diakibatkan oleh kondisi obesitas. Penelitian ini dilakukan untuk melihat efek dari kombinasi inulin-MCT dan IMO-MCT terhadap profil lipid melalui indeks aterogenik (AIP) terkait risiko penyakit jantung dan nilai NAFLD Activity Score (NAS) terkait perlemakan pada organ hati mencit obesitas yang diinduksi oleh diet tinggi lemak-sukrosa. Total 30 ekor mencit dibagi menjadi enam kelompok, lima kelompok (n=5) dibuat kondisi obesitas satu kelompok sebagai plasebo dibiarkan normal. Suplementasi diberikan selama 30±2 hari setelah kondisi mencit obesitas. Hasil penelitian menunjukan penurunan AIP (p>0,05) dan perlemakan hati (p<0,05) pada kelompok inulin-MCT dibanding dengan kontrol negatif, artinya pemberian kombinasi inulin-MCT tidak signifikan menurunkan AIP namun signifikan menurunkan perlemakan hati pada mencit obesitas yang diinduksi pakan tinggi lemak-sukrosa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Kasih, Elisabeth
NIDN0719048801
elisabeth-k@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Tjahjono, Yudy
NIDN0706068502
yudytjahjono@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: inulin, Medium Chain Triglycerides (MCT), obesitas, indeks aterogenik, perlemakan hati
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Lutfi Ade Al Habsi
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:19
Last Modified: 07 Jul 2022 05:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30999

Actions (login required)

View Item View Item