Uji antipiretik patch ekstrak etanol daun sawi langit (Vernonia cinerea) dengan enhancer menthol terhadap temperatur dan jumlah neutrofil tikus putih

Rahayu, Stefani (2022) Uji antipiretik patch ekstrak etanol daun sawi langit (Vernonia cinerea) dengan enhancer menthol terhadap temperatur dan jumlah neutrofil tikus putih. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)

Abstract

Daun sawi langit (Vernonia cinerea) memiliki kandungan flavonoid yang memiliki kemampuan dalam menghambat reaksi biosintesis prostaglandin melalui mekanisme penghambatan enzim siklooksigenase 2 (COX-2). Tujuan dari penelitan ini yaitu untuk mengetahui efektifitas dari patch yang mengandung ekstrak etanol daun sawi langit dengan menggunakan matriks HPMC dan penambahan enhancer menthol terhadap temperatur dan jumlah neutrofil tikus putih yang diinduksi pepton 5%. Pada penelitian menggunakan tikus putih jantan galur wistar yang dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan yaitu kelompok P0 (tidak diberi perlakuan), kelompok P1 (pepton 5%), kelompok P2 (pepton 5% + sirup parasetamol per oral), kelompok P3 (pepton 5% + patch kosong), kelompok P4 (patch ekstrak tanpa enhancer) dan kelompok P5 (patch ekstrak dengan enhancer). Parameter yang diamati yaitu temperatur tubuh tikus yang diamati pada menit ke-0 sebelum pemberian pepton 5% sampai menit ke-120 dan selanjutnya diamati setiap 30 menit selama 6 jam. Sedangkan pengamatan neutrofil dilakukan pada menit ke-(-5) yaitu sebelum pemberian pepton 5%, menit ke-60, dan menit ke-120, selanjutnya diamati setiap 2 jam selama 6 jam. Hasil penelitian temperatur pada kelompok P2, P4 dan P5 tidak menujukan perbedaan bermakna. Namun hasil pada penelitian jumlah neutrofil menunjukkan terdapat perbedaan bermakna antara P4 dan P5 dengan P2, P4 dan P5 dengan P1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian sediaan patch ekstrak etanol daun sawi langit dapat menurunkan temperatur dan jumlah neutrofil namun pada penurunan jumlah neutrofil tidak sebaik pemberian parasetamol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Kuncorojakti, Suryo
NIDN0001078502
suryokuncorojakti@fkh.unair.ac.id
Thesis advisor
Widodo, Y. Teguh
NIDN0703096403
teguhwidodo03@ymail.com
Uncontrolled Keywords: Vernonia cinerea, patch, antipiretik, menthol, neutrofil
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11270 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:20
Last Modified: 08 Jul 2022 07:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30972

Actions (login required)

View Item View Item