Efektivitas gel ekstrak etanol daun pegagan (Centella asiatica l.) dan daun sambiloto (Andrographis paniculata) terhadap jumlah sel limfosit dan makrofag pada luka bakar tikus galur wistar (Rattus norvegicus)

Belda, Angela Jane (2022) Efektivitas gel ekstrak etanol daun pegagan (Centella asiatica l.) dan daun sambiloto (Andrographis paniculata) terhadap jumlah sel limfosit dan makrofag pada luka bakar tikus galur wistar (Rattus norvegicus). Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy

Abstract

Luka bakar adalah kerusakan pada jaringan kulit tubuh yang disebabkan oleh trauma panas (api, air panas, listrik, kimia, radiasi) atau trauma dingin (frost bite). Centella asiatica L. mengandung senyawa asiatikosida, yang dapat berperan dalam penyembuhan luka dengan menstimulasi produksi kolagen, meningkatkan kandungan antioksidan, dan menstimulasi percepatan pembentukan epidermis. Andrographis paniculata mengandung andrografolida, yang memiliki efek farmakologi sebagai antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian gel ekstrak etanol daun Centella asiatica L. dan daun Andrographis paniculata terhadap penurunan jumlah sel limfosit dan makrofag pada luka bakar tikus putih jantan galur Wistar (Rattus norvegicus). Penelitian ini menggunakan 24 ekor tikus putih jantan galur Wistar yang dibagi menjadi 4 kelompok yaitu, kelompok kontrol negatif NaCl 0,9% (K-), kelompok kontrol negatif basis (KB-), kelompok kontrol positif Bioplacenton® (K+), dan kelompok perlakuan (KP). Pengamatan jumlah sel limfosit dan makrofag dilakukan pada hari ke-3 dan hari ke-7. Analisis data menggunakan one-way ANOVA, kemudian dilanjutkan uji perbandingan berganda (Post Hoc Test) menggunakan Duncan Test. Hasil menunjukkan bahwa perlakuan gel ekstrak etanol daun Centella asiatica L. dan daun Andrographis paniculata efektif dalam menyembuhkan luka bakar karena tidak memberikan perbedaan bermakna dengan kontrol positif Bioplacenton®, namun berbeda bermakna dengan kelompok kontrol negatif NaCl 0,9% dan kelompok kontrol negatif basis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Kuncorojakti, Suryo
NIDN0001078502
suryokuncorojakti@fkh.unair.ac.id
Thesis advisor
Widodo, Y. Teguh
NIDN0703096403
teguhwidodo03@ymail.com
Uncontrolled Keywords: luka bakar, gel ekstrak etanol daun Centella asiatica L. dan daun Andrographis paniculata, limfosit, makrofag
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 11268 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:29
Last Modified: 07 Jul 2022 08:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30934

Actions (login required)

View Item View Item