Kepuasan umat Katolik kota Surabaya dalam mengakses konten media sosial youtube sebagai media komunikasi dan informasi Gereja

Nugraheni, Yuli, Fista, Brigitta Revia Sandi and Apul, Merlina Maria Barbara (2022) Kepuasan umat Katolik kota Surabaya dalam mengakses konten media sosial youtube sebagai media komunikasi dan informasi Gereja. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of communication Science, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Akhir Penelitian] Text (Laporan Akhir Penelitian)
1. LAPORAN Kepuasaan Umat Katolik Surabaya dalam Mengakses Channel Youtube Gereja.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk untuk mengetahui kepuasaan umat Katolik di Kota Surabaya dalam mengakses media social youtube gereja. Peneliti mengukur antara motif dan kepuasaan penggunaan media social youtube yang dimiliki gereja. Pandemi Covid 19 yang melanda dunia merubah semua kebiasan hidup manusia, tak terkecuali kebiasaan atau tata cara beribadat yang juga dialami oleh umat beragama. Aktifitas ibadat secara tatap muka digantikan secara tatap maya. Hal ini pun dialami oleh umat Katolik di Surabaya. Maka setiap gereja Katolik dituntut untuk bisa menyajikan seluruh kegiatannya melalui media online diantaranya melalui Youtube, sehingga pelayanan sakramentali masih bisa diterima umat. Fenomena ini menarik untuk diteliti karena pada dasarnya umat memerlukan adanya sapaan rohani dan tetap bisa merasakan kehadiran Gereja di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan metode penelitian survey yang dilakukan secara online dengan sampel 100 orang yang merupakan umat Katolik di Surabaya yang akan diambil dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Teori yang digunakan adalah uses and gratification, gratification obtained, gratification sought, social media, youtube. Secara umum responden puas dengan penggunaan youtube komsos gereja sebesar 2.85. Kepuasan tertinggi responden terletak pada indicator information seeking, youtube komsos gereja memberikan kepuasaan dalam pencarian informasi bagi responden. Di sisi lain responden tidak puas pada indicator social interaction, artinya youtube komsos gereja tidak memberikan kepuasaan ketika digunakan untuk memenuhi informasi dalam menjalin hubungan social.Luaran penelitian berupa artikel yang dimuat di jurnal nasional terakreditasi Sinta dan perolehan sertifikat HAKI untuk naskah artikel yang dimuat di jurnal. Selain itu luaran wajib berupa laporan penelitian, laporan pertanggungjawaban keuangan dan poster hasil penelitian serta unggah repository UKWMS.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Uncontrolled Keywords: kepuasan; youtube, gereja, Katolik
Subjects: Communication Science
Divisions: Research Report
Depositing User: Yuli Nugraheni
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:17
Last Modified: 06 Jul 2022 04:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30895

Actions (login required)

View Item View Item