Pengembangan simulasi eksperimen fisika berbasis articulate storyline pada pokok bahasan pembiasan dan polarisasi pada balok kaca

Ermanto, Pearl Abigail (2022) Pengembangan simulasi eksperimen fisika berbasis articulate storyline pada pokok bahasan pembiasan dan polarisasi pada balok kaca. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (728kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy

Abstract

Pembiasan dan polarisasi adalah dua materi yang dipelajari dalam mata kuliah optika. Materi tersebut belum banyak dikembangkan dalam bentuk simulasi eksperimen. Tujuan penelitian adalah menghasilkan program simulasi eksperimen pembiasan dan polarisasi pada balok kaca yang layak, efektif, dan mendapat respon positif dari mahasiswa. Software yang digunakan dalam pengembangan simulasi eksperimen pembiasan dan polarisasi pada balok kaca adalah articulate storyline. Penelitian dilakukan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation dengan partisipan 12 mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi para ahli untuk menilai kelayakan simulasi eksperimen, lembar pretest dan posttest untuk menilai keefektifan simulasi eksperimen beserta peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi, dan angket respon untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap simulasi eksperimen yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa simulasi eksperimen dinilai layak dengan persentase kelayakan bahasa 75% dengan persentase reliabilitas 10%, persentase kelayakan materi 81,25% dengan persentase reliabilitas 94,25%, persentase kelayakan media 83,33% dengan persentase reliabilitas 100%, dan persentase kelayakan tampilan 79,167% dengan persentase reliabilitas 95,24%. Keefektifan simulasi eksperimen adalah 91,677% dengan kategori sangat efektif. Nilai N-gain yang didapatkan ialah 0,8069329 dengan kategori tinggi. Simulasi eksperimen mendapat respon positif dengan kategori sangat baik dengan persentase respon 86,46%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Untung, G. Budijanto
NIDN8954310021
ubudijanto@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Simulasi eksperimen, pembiasan dan polarisasi pada balok kaca, articulate storyline.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Pearl Abigail Ermanto
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:51
Last Modified: 29 Jun 2022 05:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30728

Actions (login required)

View Item View Item