Daniel, Gisela Isaura (2022) Analisis isi pesan promosi event tokopedia waktu Indonesia belanja pada instagram @Tokopedia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (431kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (158kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini melihat bagaimana struktur pesan dan daya tarik pesan yang dilakukan Tokopedia sebagai kegiatan pemasaran di media sosial. Penelitian ini berfokus pada fenomena isi pesan promosi event Tokopedia Waktu Indonesia Belanja pada media sosial Instagram @Tokopedia. Hal ini diangkat sebagai penelitian karena munculnya fenomena Tokopedia yang berhasil menduduki peringkat pertama pada jumlah pengunjung situs bulanan dengan menyalip Shopee sebagai kompetitor terbesarnya. Selain itu, Tokopedia juga mengumumkan BTS dan Blackpink sebagai Brand Ambassador Tokopedia pada Januari 2021 setelah mengalami peristiwa kebocoran data yang terjadi pada tahun 2020. Analisis isi digunakan untuk mengetahui gambaran isi pesan promosi. Subjek dalam penelitian ini adalah media sosial Instagram @Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode analisi isi dengan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini, isi pesan promosi Tokopedia menggunakan penekanan pesan, penyajian pesan, teknik penyusunan pesan, penarikan pesan, dan daya tarik pesan. Tokopedia menggunakan penekanan pesan dimana pesan ditekankan kepada kebutuhan pengirim pesan dan menyodorkan kelebihan dan aspek positif, penyajian pesan yang menempatkan argumentasi sebagai titik terpenting pada awal pesan, teknik penyusunan pesan yang menempatkan aspek positif pada akhir pesan, penarikan pesan secara langsung dan jelas, dan daya tarik pesan disajikan dengan unsur-unsur logis-rasional-fakta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Yuliastuti, Maria NIDN0707078607 UNSPECIFIED Thesis advisor Akhsaniyah, Akhsaniyah NIDN0702087602 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Analisis isi, pesan promosi, tokopedia, instagram |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Users 10186 not found. |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 04:16 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 04:16 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30587 |
Actions (login required)
View Item |