Analisis isi pesan promosi event tokopedia waktu Indonesia belanja pada instagram @Tokopedia

Daniel, Gisela Isaura (2022) Analisis isi pesan promosi event tokopedia waktu Indonesia belanja pada instagram @Tokopedia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana struktur pesan dan daya tarik pesan yang dilakukan Tokopedia sebagai kegiatan pemasaran di media sosial. Penelitian ini berfokus pada fenomena isi pesan promosi event Tokopedia Waktu Indonesia Belanja pada media sosial Instagram @Tokopedia. Hal ini diangkat sebagai penelitian karena munculnya fenomena Tokopedia yang berhasil menduduki peringkat pertama pada jumlah pengunjung situs bulanan dengan menyalip Shopee sebagai kompetitor terbesarnya. Selain itu, Tokopedia juga mengumumkan BTS dan Blackpink sebagai Brand Ambassador Tokopedia pada Januari 2021 setelah mengalami peristiwa kebocoran data yang terjadi pada tahun 2020. Analisis isi digunakan untuk mengetahui gambaran isi pesan promosi. Subjek dalam penelitian ini adalah media sosial Instagram @Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode analisi isi dengan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Pada penelitian ini, isi pesan promosi Tokopedia menggunakan penekanan pesan, penyajian pesan, teknik penyusunan pesan, penarikan pesan, dan daya tarik pesan. Tokopedia menggunakan penekanan pesan dimana pesan ditekankan kepada kebutuhan pengirim pesan dan menyodorkan kelebihan dan aspek positif, penyajian pesan yang menempatkan argumentasi sebagai titik terpenting pada awal pesan, teknik penyusunan pesan yang menempatkan aspek positif pada akhir pesan, penarikan pesan secara langsung dan jelas, dan daya tarik pesan disajikan dengan unsur-unsur logis-rasional-fakta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, pesan promosi, tokopedia, instagram
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 10186 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:16
Last Modified: 05 Jul 2022 04:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30587

Actions (login required)

View Item View Item