Representasi perilaku konsumtif pada video musik #MurahBanget - IndraKenz ft. YoungLex

Setyadewi, Artha Maharani (2022) Representasi perilaku konsumtif pada video musik #MurahBanget - IndraKenz ft. YoungLex. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (867kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (141kB)

Abstract

Video musik menjadi salah satu alat presentasi baik dari pengalaman maupun kehidupan nyata. Gaya hidup (lifestyle) membantu mendefinisikan mengenai sikap, nilai-nilai, kekayaan, serta posisi sosial seseorang, dalam gaya hidup ada beberapa kategori, satu diantaranya adalah perilaku kosumtif. Konsumtif adalah pandangan tentang kesenangan dalam mengkonsumsi secara berlebihan dan cenderung boros. Peneliti akan terfokus pada bagaimana representasi perilaku konsumtif dalam video musik #MurahBanget – IndraKenz ft. YoungLex. Konsumtif adalah pola hidup yang mengarahkan aktivitasnya hanya untuk mengkonsumsi barang dan aktivitas tersebut berupa pemborosan, mengenakan berbagai macam barang mewah dengan harga sangat tinggi dan senang membeli barang yang kurang diperlukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan analisis semiotika John Fiske yang terdiri dari 3 level: level realitas, level representasi dan level ideologi. Hasil dari penelitian ini, video musik #MurahBanget merepresentasikan perilaku konsumtif melalui sikap dan penampilan yang dijadikan sebagai gaya hidup, terlihat dari pakaian yang ditunjukkan sebagai alat indikator dalam berperilaku konsumtif, aksesoris bermerk dengan harga mahal yang dikenakan serta properti mewah dalam video musik seperti mobil mewah dan uang dollar serta sikap konsumtif dimana tokoh kurang menghargai barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumtif, gaya hidup, video musik
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 10584 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:56
Last Modified: 23 Jun 2022 01:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30456

Actions (login required)

View Item View Item