Studi deskriptif subjective well-being wanita tenaga kesehatan di masa pandemi Covid-19

Costa Lay, Jessica Esmeralda da (2022) Studi deskriptif subjective well-being wanita tenaga kesehatan di masa pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy

Abstract

Di masa pandemi Covid-19, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam menangani situasi tersebut. Adanya risiko tinggi terhadap paparan virus dan juga masalah psikologis, misalnya kecemasan, depresi dan sebagainya. Dapat memberi dampak besar terhadap kepuasan hidup dan pengalaman emosional yang dialami. Mengingat bahwa pandemi memiliki pengaruh yang kuat melalui trauma yang akhirnya dapat mempengaruhi kesejahteraan seseorang. Pada wanita yang memiliki risiko lebih tinggi mengalami gangguan psikologis, tentu hal ini patut untuk diperhatikan. Apalagi saat ini sedang berada di masa pandemi Covid-19 ini sendiri. kondisi tersebut akhirnya dapat mempengaruhi tenaga kesehatan khususnya wanita terhadap subjective well-being yang dirasakan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran subjevtive well-being wanita tenaga kesehatan di masa pandemi Covid-19. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menggunakan skala ukur satisfaction with life scale dan scale of positive and negative experience. Data yang didapat kemudian diolah dengan menggunakan Microsoft Excel 2021. Berdasarkan hasil penelitian mengenai gambaran subjective well-being wanita tenaga kesehatan di masa pandemi Covid-19, didapati bahwa sebagian besar tenaga kesehatan wanita cukup baik di masa pandemi ini. Di mana pada pengukuran life satisfaction ditemukan sebanyak 87 responden (53,4%) dikategorikan tinggi. Kemudian pada positive and negative affectivity ditemukan sebanyak 134 responden (82,2%) dikategorikan sedang dari total responden sebanyak 163. Hal ini dapat dilihat berdasarkan data demografi yang ditemukan yaitu, usia, profesi yang dijalani, dan lama bekerja pada tenaga kesehatan wanita di masa pandemi ini. Oleh sebab itu, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan perlu untuk memperhatikan kualitas hidup dan pengalaman emosional yang dirasakan di masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Desak Nyoman Arista Retno
NIDN0726108203
desakdewi@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Subjective well-being, life satisfaction, positive and negative affectivity, tenaga kesehatan, wanita, pandemi, Covid-19
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 11017 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 09:15
Last Modified: 23 Jun 2022 09:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30408

Actions (login required)

View Item View Item