Pengaruh penggunaan media kotak ajaib terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya

Lusi, Maria Agustina (2022) Pengaruh penggunaan media kotak ajaib terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)

Abstract

Pengenalan lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun sangat penting karena akan memberikan kemudahan pada anak dalam proses pendidikan selanjutnya terutama dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi, anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya ditemukan bahwa banyak anak yang belum mengenal lambang bilangan. Hal ini ditandai dengan anak belum mampu membilang, meniru tulisan, menghubungkan lambang bilangan dengan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kotak ajaib terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan bentuk penelitian pre experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 12 anak di TKK Don Bosco Surabaya dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Hasil penelitian dihitung menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 20.0 untuk menganalisis uji N-Gain, uji hipotesis dan uji paired t-test. Hasil pengujian uji N-Gain untuk variabel penilaian menunjukkan angka 76.89 dengan demikian media kotak ajaib dapat berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya. Berdasarkan hasil pengujian uji N-Gain, media kotak ajaib termasuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Hasil uji paired t-test diketahui nilai sig(2-tailed) adalah 0,000 sehingga kurang dari taraf signifikan (α) yaitu 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti adanya perbedaan hasil kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TKK Don Bosco Surabaya antara sebelum dan sesudah menggunakan media kotak ajaib.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Takumansang, Regina Ch
NIDN0715058904
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media kotak ajaib dan kemampuan mengenal lambang bilangan.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Maria Agustina Lusi
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:16
Last Modified: 22 Jun 2022 03:38
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30321

Actions (login required)

View Item View Item