Pengaruh media pembelajaran berbasis STEM terhadap aspek perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan, Kelurahan Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo

Prahartiwi, Melinia (2022) Pengaruh media pembelajaran berbasis STEM terhadap aspek perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan, Kelurahan Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis STEM terhadap aspek perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan, Kelurahan Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan hasil observasi, anak belum mampu mengkreasikan imajinasinya dalam kegiatan pembelajaran seperti memisahkan benda ke kelompok yang sama, menyusun benda berdasarkan pola, mengurutkan benda berdasarkan ukuran, membilang banyak benda pada gambar, serta mengenal lambang bilangan satu hingga sepuluh. Hal ini terjadi karena saat pembelajaran anak menggunakan media LKA, serta kegiatan yang dilakukan kurang memanfaatkan media pembelajaran realia (benda nyata). Penelitian media pembelajaran berbasis STEM ini menggunakan metode penelitian eksperimen, jenis penelitian pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 anak yang dipilih menggunakan jenis sampling purposive yang mengacu pada tujuh (7) kriteria untuk menetapkan sampel. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-Gain dan uji T satu kelompok subjek. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus N-Gain, sebanyak 11 anak berada dalam klasifikasi gain tinggi. Hasil uji hipotesis penelitian menggunakan uji T dengan nilai taraf kesalahan 0,05 dan taraf kepercayaan 95% mendapatkan hasil bahwa Ha diterima dan H0 di tolak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis STEM memiliki pengaruh terhadap aspek perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan, Kelurahan Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Cresensia Dina Candra Kumala
NIDN0713058904
dinacandra@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berbasis STEM, aspek perkembangan kognitif, anak usia 4-5 tahun.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Users 10994 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 05:35
Last Modified: 17 Jun 2022 05:35
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30255

Actions (login required)

View Item View Item