Uji efektivitas ekstrak etanol daun lamtoro gung (Leucaena leucocephala subsp. glabrata zarate) sebagai antihiperglikemia pada mencit (Mus musculus) dengan induksi glukosa

Karunia, Nikmawati Dwi (2022) Uji efektivitas ekstrak etanol daun lamtoro gung (Leucaena leucocephala subsp. glabrata zarate) sebagai antihiperglikemia pada mencit (Mus musculus) dengan induksi glukosa. Diploma thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Diabetes disebabkan karena kurangnya penerapan pola hidup sehat. Kurangnya aktivitas fisik dan olahraga menyebabkan tubuh tidak dapat mengolah glukosa dengan baik. Salah satu tanda seseorang berisiko terkena diabetes melitus adalah kadar glukosa darah penderita melebihi batas normal atau hiperglikemia. Hiperglikemia terjadi karena tubuh terlalu banyak menghasilkan glukosa darah atau asupan glukosa darah terlalu banyak. Salah satu tanaman yang berkhasiat yang ada di Indonesia adalah lamtoro gung (leucaena leucocephala subsp. glabrata zarate) yang mengandung senyawa metabolit sekunder flavonoid, alkaloid, tanin dan saponin yang dapat menurunkan hiperglikemia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan ekstrak etanol daun lamtoro gung (Leucaena leucocephala subsp. glabrata zarate) sebagai antihiperglikemia mencit (Mus musculus) jantan yang diinduksi glukosa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan bentuk penelitian pretest-posttest control group design menggunakan 25 ekor mencit yang dibagi dalam 5 kelompok uji yaitu kontrol negatif diberi Na CMC 0,5%, kontrol positif diberi glibenklamide dosis 0,65 mg/kgBB, kelompok perlakuan yang diberi ekstrak etanol daun lamtoro gung dosis 200 mg/kgBB, dosis 400 mg/kgBB dan dosis 600 mg/kgBB. Hewan uji dipuasakan terlebih dahulu selama ± 16 jam dengan tetap diberi air minum lalu diukur kadar glukosa darah puasa dengan menggunakan glukometer kemudian mencit diinduksi glukosa 10% agar mencit mengalami hiperglikemik (˃200 mg/dl). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun lamtoro gung (Leucaena leucocephala subsp. glabrata zarate) mampu menurunkan kadar glukosa darah pada mencit hiperglikemik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugroho, Christianto Adhy
NIDN0702017001
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Antihiperglikemia, daun, lamtoro gung, Leucaena leucocephala subsp. glabrata zarate, glukosa
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > PSDKU - Pharmacy Diploma Study Program
Depositing User: Users 10901 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:11
Last Modified: 19 Jul 2022 06:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30201

Actions (login required)

View Item View Item