Communication privacy management seorang gay mengenai identitas seksual melalui instagram

Christie, Veronica Widya (2022) Communication privacy management seorang gay mengenai identitas seksual melalui instagram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak pada fenomena yang terjadi pada kaum LGBT yang semakin menunjukkan eksistensinya akhir-akhir ini khususnya di media sosial. Meskipun semakin banyak kaum gay yang berani menunjukkan identitas seksualnya kepada khalayak, tak dipungkiri masih ada juga yang menyimpan identitas seksualnya sebagai informasi privat yang hanya diketahui oleh dirinya sendiri dan orang-orang terdekat saja. Masih menjadi sesuatu yang sifatnya sensitif hingga saat ini, ketika LGBT dibicarakan pada masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, serta metode penelitian fenomenologi, dimana peneliti membiarkan subjek secara aktif membentuk makna melalui pengalaman pribadinya dalam mengatur informasi privatnya sebagai seorang gay melalui media sosial Instagram. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam untuk memperoleh hasil dari sudut pandang orang pertama yang berasal dari 3 informan. Dengan menganalisis 4 asumsi terjadinya manajemen privasi komunikasi yaitu privacy information, privacy boundaries, control and ownership, dan rule based system-management menurut Petronio dapat ditemukan bahwa seluruh subjek penelitian melakukan seluruh asumsi yang disebutkan dengan cara yang berbeda-beda. Subjek penelitian memanfaatkan fitur Instagram yaitu close friend dan hide/sembunyikan sebagai cara untuk mengelola informasi privatnya. Para subjek penelitian memaknai pengalamannya adalah sebagai bentuk untuk mendapatkan sebuah pengakuan, dukungan, dan kelegaan. Bahwa apa yang terjadi sekarang biarkan itu terjadi sekarang. Selama mereka setidaknya bisa sedikit membuka diri di media sosial sebagai seorang gay mereka tidak masalah. Masih adanya sebuah tembok yang membatasi subjek penelitian dalam pembagian informasi privat kepada lingkungan sekitar, sehingga mereka memutuskan untuk lebih terbuka di media sosial namun tetap mengatur informasi privat mereka mengenai identitas seksualnya supaya tetap diterima namun tidak keluar pada batasan-batasan yang telah mereka tetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Communication privacy management, gay, instagram, fenomenologi
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 10071 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:44
Last Modified: 15 Jun 2022 04:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30186

Actions (login required)

View Item View Item