Studi kasus penataan lingkungan belajar dari rumah anak usia 4-5 tahun selama pembelajaran daring di TK Santa Maria Surabaya

Fobia, Yosefina (2022) Studi kasus penataan lingkungan belajar dari rumah anak usia 4-5 tahun selama pembelajaran daring di TK Santa Maria Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
YES Abstrak Suster.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1 PDF SUSTER(1).pdf

Download (321kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II PDF SUSTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III PDF SUSTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV PDF SUSTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V PDF SUSTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
Bab VI PDF SUSTER.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran PDF SUSTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penataan lingkungan belajar dari rumah anak usia 4-5 tahun selama pembelajaran daring di TK Santa Maria Surabaya. Penataan lingkungan belajar dari rumah berbedah setiap anak. Meskipun pemilihan tempat belajar dan fasilitas penataan lingkungan belajar tidak didesain untuk kegiatan pembelajaran, namun hasil belajar anak tetap maksimal. Hal ini dibuktikan saat berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran, anak tetap menjawab pertanyaan guru dengan benar. Penelitian ini dilakukan di sekolah Taman Kanak-kanak Santa Maria Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus yakni meneliti kasus yang saat ini sedang terjadi bukan kasus masa lampau atau masa yang akan datang. Subjek penelitian berjumlah 12 orang anak kelompok A berusia 4-5 tahun terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki TK A Santa Maria Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data dan display atau sajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan lingkungan belajar dari rumah anak usia 4-5 tahun selama pembelajaran daring di TK Santa Maria Surabaya telah dilaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pemilihan ruang belajar berbeda antar setiap anak sesuai dengan situasi setiap keluarga, sedangkan penyediaan media belajar pada umumnya dilakukan sebelum pelajaran dimulai. Berkaitan dengan proses persiapan anak sebelum pembelajaran, anak mengikuti pembelajaran hingga selesai, interaksi anak saat pembelajaran dan pendampingan orang tua dilakukan dengan dukungan orang tua secara penuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Simanjuntak, Anita Roslina
NIDN0701089301
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak usia, penataan lingkungan belajar, pembelajaran daring.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Yosefina Fobia
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:21
Last Modified: 20 Jun 2022 03:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30181

Actions (login required)

View Item View Item